Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maafkan Kesalahan Mekanik, Aleix Targetkan Menang di MotoGP Thailand

Kompas.com - 25/09/2022, 17:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aleix Espargaro gagal meraih poin pada MotoGP Jepang, imbas motornya mengalami masalah jelang balapan dimulai yang merupakan kesalahan dari tim mekanik.

Saat pebalap keluar dari pit menuju grid untuk berbaris, mekanik akan mengaplikasikan mapping khusus untuk menghemat konsumsi BBM. Ternyata, mapping tersebut tidak diganti.

Baca juga: Live MotoGP Jepang: Aleix Espargaro Mendadak Tukar Motor dan Start dari Pit

Aleix menambahkan, dia tidak bisa memaksakan motor hingga maksimal. Dia mengakui sangat gugup hingga melakukan banyak kesalahan.

Tak hanya itu, Aleix juga berharap ada red flag dikibarkan atau insiden lainnya, tapi itu tidak terjadi.

Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Austria 2022Dok. Aprilia Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Austria 2022

Padahal, dia optimis bisa menang, bahkan dengan motor kedua yang menggunakan ban belakang soft. Sayangnya, dia harus memulai balapan dari pit alias dari urutan paling belakang.

Beruntung, Fabio Quartararo dan Francesco Bagnaia juga mengalami kendala. Quartararo hanya mendapat 8 poin, sedangkan Bagnaia gagal finis. Tapi, Aleix yang finis di posisi ke-16 juga tidak mendapatkan poin.

Baca juga: Ini Penyebab Aleix Espargaro Ganti Motor di GP Jepang

"Bagi saya, ini lebih buruk, saya kehilangan kesempatan besar. Jika mereka finis pertama dan kedua, ini akan buruk untuk kejuaraan, tapi saya tidak akan sesedih itu," ujarnya.

Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Austria 2022. (Photo by VLADIMIR SIMICEK / AFP)VLADIMIR SIMICEK Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Austria 2022. (Photo by VLADIMIR SIMICEK / AFP)

Aleix mengaku sangat sedih karena yakin dia punya potensi untuk bisa menang. Apalagi, jarang sekali kesempatan baginya untuk bisa lebih cepat dari Quartararo dan Bagnaia.

"Ini pekerjaan kami dan ini adalah kesalahan yang bisa terjadi di mana saja. Sekarang, saya tidak punya kekuatan, saya tidak tahu bagaimana melakukannya. Tapi, saya perlu mendukung tim saya, karena ini kesalahan, dan bisa saja terjadi," ujar Aleix, dikutip dari Crash.net, Minggu (25/9/2022).

Menurutnya, setiap orang bisa saja melakukan kesalahan. Untuk itu, dia menargetkan kemenangan pada seri berikutnya, yakni MotoGP Thailand, yang akan digelar di Sirkuit Buriram.

Aleix Espargaro dan Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Austria 2022. Aleix kini akan beraksi pada balapan MotoGP San Marino 2022. (Photo by VLADIMIR SIMICEK / AFP)VLADIMIR SIMICEK Aleix Espargaro dan Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Austria 2022. Aleix kini akan beraksi pada balapan MotoGP San Marino 2022. (Photo by VLADIMIR SIMICEK / AFP)

"Saya tidak peduli dengan kejuaraan, saya ingin menang di Thailand. Hanya itu yang ada di pikiran saya saat ini, mencoba untuk menang di Thailand," kata Aleix.

Sekarang, Aleix masih ada di peringkat ketiga klasemen sementara MotoGP 2022. Tapi, selisih poinnya dengan Quartararo bertambah menjadi 25 poin. Meski demikian, Aleix masih punya peluang dengan empat seri yang tersisa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com