Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aleix Espargaro Bangga Honda Contek Desain Aerodinamika Aprilia

Kompas.com - 12/09/2022, 14:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam tes MotoGP Misano, Italia, Honda membawa inovasi untuk motor musim depan. Salah satunya ialah paket aerodinamika yang diduga kuat terinspirasi dari motor Aprilia RS-GP22.

Bentuk sayap maupun fairing motor Honda RC213V lebih menonjol dengan bentuk lubang udara yang lebih bulat. Inovasi lain yang bisa terlihat ialah bagian belakang atau ekor yang lebih tebal.

Baca juga: Jajal Performa Toyota Rush GR Sport, Opsi LSUV RWD di Pasar

Pebalap Repsol Honda Team, Marc Marquez memacu sepeda motornya saat sesi pemanasan di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022). Marc Marquez mengalami highside crash saat berupaya membelokkan motor RC213V di Tikungan 7.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pebalap Repsol Honda Team, Marc Marquez memacu sepeda motornya saat sesi pemanasan di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022). Marc Marquez mengalami highside crash saat berupaya membelokkan motor RC213V di Tikungan 7.

Di atas kertas tidak masalah bahwa RC213V mengambil isyarat desain dari RS-GP22 karena tidak sama persis. Adapun prioritas Honda adalah mengejar ketertinggalan dengan merek lain.

Ada kabar Aprilia kesal idenya "dicontek" oleh Honda, namun buat pebalap pabrikan Aprilia, Aleix Espargaro justru bangga karena tandanya Aprilia berhasil mengembangkan motor yang bagus.

"Merupakan suatu kebanggaan bahwa pabrik sebesar Honda memiliki sayap, fairing, banyak hal yang sangat mirip dengan Aprilia. Sebuah kebanggaan juga untuk semua insinyur di Noale yang melakukan pekerjaan dengan baik,” kata Aleix, mengutip Corsedimoto, Senin (12/9/2022).

Baca juga: Ada Pabrik Baterai, Jangan Langsung Berharap Harga Mobil Listrik Murah

Pebalap Aprilia Racing Aleix Espargaro saat menunggu di paddock selama sesi latihan bebas ketiga MotoGP Catalunya di Circuit de Barcelona-Catalunya, Sabtu (4/6/2022).AFP/PAU BARRENA Pebalap Aprilia Racing Aleix Espargaro saat menunggu di paddock selama sesi latihan bebas ketiga MotoGP Catalunya di Circuit de Barcelona-Catalunya, Sabtu (4/6/2022).

Baca juga: Ada Pabrik Baterai, Jangan Langsung Berharap Harga Mobil Listrik Murah

Di satu sisi pendekatan Honda ini membuktikan bahwa pabrikan Jepang merasa mulai ketinggalan dalam hal evolusi dan adaptasi dari pabrikan Eropa semisal Ducati, KTM dan Aprilia.

Aprilia sendiri meningkat pesat pada musim 2022. Dua pebalapnya, Aleix Espargaro dan Maverick Vinales mampu unjuk gigi di atas trek dan berhasil beberapa kali naik podium.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com