Kompas.com - 25/09/2022, 16:41 WIB
|

MOTEGI, KOMPAS.com - Sial buat Aleix Espargaro yang mengalami kendala teknis saat melakukan warm up lap. Pebalap Aprilia itu kemudian masuk pit dan mengganti motor saat start.

Banyak spekulasi yang berkembang, salah satunya masalah pada holeshot dan girboks. Namun Aleix mengatakan bahwa motornya terjebak pada penggunaan mode 'eco' hemat bahan bakar khusus, yang hanya untuk digunakan dari pit ke grid.

Baca juga: Bahaya Biarkan Boot As Roda yang Sobek

Aleix Espargaro saat balapan pada MotoGP Inggris 2022Kompas.com/Donny Aleix Espargaro saat balapan pada MotoGP Inggris 2022

“Mereka membuat kesalahan, dan mereka tidak menghapus peta hemat bahan bakar yang tidak memungkinkan Anda melaju di atas 4.000-5.000 RPM atau lebih dari 100.000 per jam,” kata Aleix mengutip Crash.net, Minggu (25/9/2022).

"Saya mencoba segalanya, tetapi tidak berhasil," kata dia.

Alhasil, karena mengganti motor dan start dari pit lane Aleix memulai balap dari urutan buncit yaitu ke-25.

Sejak awal, pebalap asal Spanyol itu sudah sadar bahwa peluangnya di GP Jepang kali ini sudah berakhir meski dia akhirnya finis di posisi ke-16.

Baca juga: Live MotoGP Jepang: Aleix Espargaro Mendadak Tukar Motor dan Start dari Pit

Aleix Espargaro mengalami highside saat balapan pada MotoGP Inggris 2022LUIGI SOLDANO Aleix Espargaro mengalami highside saat balapan pada MotoGP Inggris 2022

“Saya mengganti motor di pit, tetapi motor kedua memiliki ban belakang yang lunak (bukan sedang) dan saya tidak bisa mengendarainya dengan ban itu,” kata Aleix.

“Saya mengetahuinya dari awal. Motor hanya mendorong bagian depan. Saya juga sangat gugup dan membuat banyak kesalahan, jadi saya memutuskan untuk tetap berada di jalur hanya untuk menunggu bendera merah atau apa pun," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber Crash.net


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.