Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Berkendara Mobil CVT biar Irit BBM

Kompas.com - 06/09/2022, 15:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kenaikan harga bahan bakar minyak cukup meresahkan sebagian besar masyarakat. Orang menjadi berpikir dua kali untuk berkendara menggunakan mobil pribadi.

Jika tidak mendesak, sebaiknya menggunakan sepeda motor atau angkutan umum saja agar tidak menguras isi kantong.

Namun, jika memang harus berkendara menggunakan mobil, khusus bagi Anda yang menggunakan mobil dengan transmisi CVT, simak tips berkendara berikut!

Baca juga: Dipakai Keliling Jakarta, Segini Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander CVT

Mitsubishi Xpander Ultimate CVTKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Mitsubishi Xpander Ultimate CVT

Pemilik Aha Motor Spesialis Nissan & Datsun, Hardi Wibowo, mengatakan, berkendara menggunakan mobil CVT hampir sama dengan mobil-mobil lain. Hanya saja, ada bagian khusus yang membutuhkan cara khusus agar irit BBM.

“Untuk mobil dengan transmisi CVT, perlu cara khusus, bahkan rute dalam kota dan luar kota pun ada bedanya, untuk dalam kota saat menginjak pedal gas wajib kalem, tidak boleh agresif, karena bensin agar terbuang sia-sia jika terlalu sering injak pedal gas dalam-dalam,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Selasa (6/9/2022).

Dia mengatakan, rute dalam kota identik dengan banyaknya lampu merah dan kemacetan. Maka dari itu, gas yang tipis-tipis diperlukan.

Baca juga: Perbedaan Transmisi Mobil CVT dengan Matik Konvensional

Transmisi D-CVT SirionADM Transmisi D-CVT Sirion

“Bead dengan rute luar kota yang identik dengan jalan tol dan jarak tempuh yang panjang, saat awal jalan perlu menginjak pedal gas hingga 30 persen sampai transmisi mencapai over drive, baru dilakukan gas tipis,” ucap Hardi.

Dia mengatakan, cara itu akan membuat kendaraan melaju dengan kecepatan yang sama, tetapi putaran mesin agak dikurangi. Alhasil, jarak tempuh yang ditempuh akan panjang sementara konsumsi bahan bakar berkurang.

“Jika sudah kencang, usahakan untuk menjaga kecepatan konstan, bisa menggunakan fitur cruise control jika dilengkapi,” ucap Hardi.

Baca juga: Mana yang Terbaik, Transmisi Matik Model AT, CVT, atau DCT?

Honda Brio RS Urbanite CVTHPM Honda Brio RS Urbanite CVT

Menurut Hardi, cara tersebut cukup efektif untuk mengurangi konsumsi bahan bakar, tetapi jarak tempuh bisa sampai maksimal. Seperti yang diketahui, transmisi CVT terkenal irit bahan bakar jika sudah mencapai kecepatan konstan di rasio gigi atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com