Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Transmisi CVT dan D-CVT

Kompas.com - 25/09/2022, 09:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain transmisi continuously variable transmission (CVT), saat ini juga ada yang namanya Dual Mode Continuously Variable Transmission alias D-CVT.

Model transmisi D-CVT dikenalkan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) ketika meluncurkan Rocky, yang kemudian digunakan juga pada All New Xenia, dan Sirion. Termasuk saudara kembarnya, yakni Raize dan Avanza.

Walau dari sisi penggunaannya sama saja dengan transmisi matik lainnya, tapi sistem kerja antara CVT dan D-CVT bisa dibilang berbeda.

Pada sistem transmisi CVT, perpindahan gigi atau shifting hanya menggunakan sabuk baja saja yang menghubungkan dua buah pulley, yakni drive dan driven.

Baca juga: Tips Berkendara Mobil CVT biar Irit BBM

Keduanya bisa bergerak, melebar atau menyempit dengan cara bergeser ke kiri atau kanan, sehingga menjadi rasio gigi pada CVT.

Transmisi New D-CVT (Dual Mode Continuously Variable Transmission) milik DaihatsuKompas.com/Donny Transmisi New D-CVT (Dual Mode Continuously Variable Transmission) milik Daihatsu

Sementara untuk D-CVT, tak hanya menggunakan sabuk baja saja, tapi juga ikut dikombinasikan dengan planetary gear pada batang drive dan driven pulley yang membuat split gears system.

"Kalau pada transmisi D-CVT Daihatsu, ketika pada putaran tinggi, sabuk itu digantikan dengan plenetary tadi," ujar Technical Service Division Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi, saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (24/9/2022).

"Jadi pada kecepatan rendah dan sedang seperti di perkotaan tetap sabuk, bedanya saat kecepatan tinggi yang konstan saja," katanya.

Seperti dijelaskan, plenetary pada D-CVT bermain di kecepatan tinggi saat pedal gas mulai diinjak lebih dalam, rpm naik, dan laju mobil makin kencang dan konstan.

Baca juga: Daftar Biaya Perbaikan Transmisi CVT pada Mobil

Kondisi ini diklaim membuat D-CVT memiliki kelebihan dibanding model CVT konvensional. Seperti, akselerasi yang halus, rasio gigi yang lebih panjang, juga efisiensi bahan bakar.

Transmisi CVT RockyKOMPAS.com/STANLY RAVEL Transmisi CVT Rocky

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.