Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/09/2022, 15:12 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kenaikan harga bahan bakar minyak cukup meresahkan sebagian besar masyarakat. Orang menjadi berpikir dua kali untuk berkendara menggunakan mobil pribadi.

Jika tidak mendesak, sebaiknya menggunakan sepeda motor atau angkutan umum saja agar tidak menguras isi kantong.

Namun, jika memang harus berkendara menggunakan mobil, khusus bagi Anda yang menggunakan mobil dengan transmisi CVT, simak tips berkendara berikut!

Baca juga: Dipakai Keliling Jakarta, Segini Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander CVT

Mitsubishi Xpander Ultimate CVTKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Mitsubishi Xpander Ultimate CVT

Pemilik Aha Motor Spesialis Nissan & Datsun, Hardi Wibowo, mengatakan, berkendara menggunakan mobil CVT hampir sama dengan mobil-mobil lain. Hanya saja, ada bagian khusus yang membutuhkan cara khusus agar irit BBM.

“Untuk mobil dengan transmisi CVT, perlu cara khusus, bahkan rute dalam kota dan luar kota pun ada bedanya, untuk dalam kota saat menginjak pedal gas wajib kalem, tidak boleh agresif, karena bensin agar terbuang sia-sia jika terlalu sering injak pedal gas dalam-dalam,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Selasa (6/9/2022).

Dia mengatakan, rute dalam kota identik dengan banyaknya lampu merah dan kemacetan. Maka dari itu, gas yang tipis-tipis diperlukan.

Baca juga: Perbedaan Transmisi Mobil CVT dengan Matik Konvensional

Transmisi D-CVT SirionADM Transmisi D-CVT Sirion

“Bead dengan rute luar kota yang identik dengan jalan tol dan jarak tempuh yang panjang, saat awal jalan perlu menginjak pedal gas hingga 30 persen sampai transmisi mencapai over drive, baru dilakukan gas tipis,” ucap Hardi.

Dia mengatakan, cara itu akan membuat kendaraan melaju dengan kecepatan yang sama, tetapi putaran mesin agak dikurangi. Alhasil, jarak tempuh yang ditempuh akan panjang sementara konsumsi bahan bakar berkurang.

“Jika sudah kencang, usahakan untuk menjaga kecepatan konstan, bisa menggunakan fitur cruise control jika dilengkapi,” ucap Hardi.

Baca juga: Mana yang Terbaik, Transmisi Matik Model AT, CVT, atau DCT?

Honda Brio RS Urbanite CVTHPM Honda Brio RS Urbanite CVT

Menurut Hardi, cara tersebut cukup efektif untuk mengurangi konsumsi bahan bakar, tetapi jarak tempuh bisa sampai maksimal. Seperti yang diketahui, transmisi CVT terkenal irit bahan bakar jika sudah mencapai kecepatan konstan di rasio gigi atas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.