Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Tahu Arti Warna Lampu pada Indikator Mobil?

Kompas.com - 24/09/2022, 08:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil sekarang sudah dibekali dengan teknologi yang semakin canggih. Pada panel instrumen pun terdapat beragam informasi yang ditampilkan melalui lampu indikator.

Informasi tersebut bisa berbeda pada setiap mobil, tergantung jenis mobil atau fitur yang disematkan. Beberapa yang umum, antara lain speedometer, temperatur mesin, fungsi aki, sabuk keselamatan atau seatbelt, rem tangan, indikator airbag, cek mesin serta meteran bahan bakar.

Beberapa indikator hanya mengingatkan pengemudi akan sesuatu, seperti lampu indikator bergambar sabuk pengaman (seat belt) yang berkedip atau bahkan juga berbunyi. Indikator tersebut berusaha mengingatkan pengemudi untuk menggunakan sabuk pengaman demi keselamatan saat berkendara.

Baca juga: Segini Biaya Tambal Ban Skutik yang Bocor

Selain melalui lambang atau gambar, lampu indikator juga menyampaikan pesannya melalui warna.

Dikutip dari buku “Pengenalan Bodi Otomotif” karangan Buntarto, Jumat (23/9/2022), pada umumnya terdapat tiga warna berbeda yakni hijau, kuning dan merah.

Setiap warna memiliki tingkat perhatian yang berbeda. sebagai cara sederhana, pahami dan kenalilah arti maksud indikator tersebut. Salah satunya dengan skala prioritas berdasarkan warna.

Lampu indikator suhu radiator pada mobilcarfromjapan.com Lampu indikator suhu radiator pada mobil

  • Warna Hijau

Menandakan bahwa komponen tersebut sedang bekerja atau sedang digunakan.

  • Warna Kuning

Menandakan bahwa terdapat kondisi yang membutuhkan perhatian dari pengemudi, baik pengecekan ataupun sekadar peringatan untuk berhati-hati (waspada). Umumnya petunjuk dengan warna ini masih memungkinakan pengemudi untuk tetap berkendara.

Baca juga: Peta Jalan SPKLU di Indonesia, Setidaknya Butuh 1 Unit Tiap 250 Km

  • Warna Merah

Menandakan sebuah peringatan yang mendesak dan dapat berakibat fatal. Jika warna ini muncul, maka disarankan untuk segera berhenti dan mengatasi masalah tersebut.

Tak hanya itu, warna merah juga mengindikasikan bahaya terhadap keselamatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com