Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal Ganti Ban dan Pelek Wuling Air ev

Kompas.com - 22/09/2022, 14:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Air ev, mobil listrik mungil dari Wuling punya ukuran roda yang kecil. Menggunakan pelek 12 inci, dipasang dengan ban berukuran 145/70 R12.

Selain itu, pelek yang digunakan adalah model kaleng yang ditutup dengan dop. Tentu ada saja pemilik Air ev yang gatal rasanya, mau ganti pelek dengan ukuran yang lebih besar atau model alloy.

Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors menanggapi kemungkinan adanya pemilik yang ganti ukuran ban maupun pelek. Efeknya, bisa memengaruhi performa mobil listrik tersebut.

Baca juga: Air ev Inden 2 Bulan, Wuling Tambah Kapasitas Produksi

Wuling Air evDok/Trie Wuling Air ev

"Untuk performa yang optimal, disarankan pakai sesuai sama ukuran yang aslinya," kata Danang di Jakarta, Senin (19/9/2022).

Danang menjelaskan, pada kendaraan listrik seperti Air ev, ukuran dan bobot ban bisa memengaruhi jarak tempuh. Jadi bisa saja dengan pelek yang lebih besar, jadi bobot bertambah dan jarak tempuh berkurang.

Tapi Danang juga tidak melarang pemilik Air ev untuk melakukan modifikasi. Hal yang perlu diketahui saat mau ganti pelek dan ban adalah pemiliknya paham ada konsekuensi yang bisa didapatkan.

Baca juga: Menanti Motor Listrik Murah Honda


"Kalau sudah di tangan konsumen sebenarnya bisa-bisa saja (ganti ban). Cuma nanti ada beberapa konsekuensi yang mungkin memengaruhi ke jarak tempuh, kemungkinan vehicle dinamics jadi beda, kenyamanan sedikit terpengaruh," ucap Danang.

Jadi soal modifikasi yang sifatnya estetik seperti ganti pelek, diserahkan kembali ke konsumen. Selain itu, pemilik Air ev juga bisa ke diler untuk lakukan konsultasi modifikasi tersebut.

"Saran kami, dikonsultasikan ke diler, ke mekanik kami, supaya mendapatkan saran yang tidak menimbulkan efek negatif buat konsumen," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com