Jangan Asal Ganti Ban dan Pelek Wuling Air ev

Kompas.com - 22/09/2022, 14:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Air ev, mobil listrik mungil dari Wuling punya ukuran roda yang kecil. Menggunakan pelek 12 inci, dipasang dengan ban berukuran 145/70 R12.

Selain itu, pelek yang digunakan adalah model kaleng yang ditutup dengan dop. Tentu ada saja pemilik Air ev yang gatal rasanya, mau ganti pelek dengan ukuran yang lebih besar atau model alloy.

Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors menanggapi kemungkinan adanya pemilik yang ganti ukuran ban maupun pelek. Efeknya, bisa memengaruhi performa mobil listrik tersebut.

Baca juga: Air ev Inden 2 Bulan, Wuling Tambah Kapasitas Produksi

Wuling Air evDok/Trie Wuling Air ev

"Untuk performa yang optimal, disarankan pakai sesuai sama ukuran yang aslinya," kata Danang di Jakarta, Senin (19/9/2022).

Danang menjelaskan, pada kendaraan listrik seperti Air ev, ukuran dan bobot ban bisa memengaruhi jarak tempuh. Jadi bisa saja dengan pelek yang lebih besar, jadi bobot bertambah dan jarak tempuh berkurang.

Tapi Danang juga tidak melarang pemilik Air ev untuk melakukan modifikasi. Hal yang perlu diketahui saat mau ganti pelek dan ban adalah pemiliknya paham ada konsekuensi yang bisa didapatkan.

Baca juga: Menanti Motor Listrik Murah Honda


"Kalau sudah di tangan konsumen sebenarnya bisa-bisa saja (ganti ban). Cuma nanti ada beberapa konsekuensi yang mungkin memengaruhi ke jarak tempuh, kemungkinan vehicle dinamics jadi beda, kenyamanan sedikit terpengaruh," ucap Danang.

Jadi soal modifikasi yang sifatnya estetik seperti ganti pelek, diserahkan kembali ke konsumen. Selain itu, pemilik Air ev juga bisa ke diler untuk lakukan konsultasi modifikasi tersebut.

"Saran kami, dikonsultasikan ke diler, ke mekanik kami, supaya mendapatkan saran yang tidak menimbulkan efek negatif buat konsumen," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.