Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Servis Pertama Wuling Air ev Cuma Rp 165.000

Kompas.com - 20/09/2022, 17:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling sudah resmi memasarkan Air ev, mobil listrik mungil sejak GIIAS 2022. Bahkan di Minggu kedua September, sudah diserahkan 135 unit Air ev ke konsumen.

Bagi pemilik Wuling Air ev, bisa dibilang sekarang sedang sering digunakan. Apalagi di Jakarta, mobil listrik termasuk Air ev bebas lewati kawasan ganjil genap.

Layaknya kendaraan yang digunakan, tentu ada waktunya untuk melakukan servis rutin. Sebenarnya, mobil listrik punya komponen yang lebih sederhana, sehingga perawatannya tidak begitu banyak.

Baca juga: Spesifikasi Wuling Air ev, Mobil Listrik Mungil Harga Rp 200 Jutaan

Wuling Air ev di Acara Air ev Green Mobility ExperienceDOK. WULING Wuling Air ev di Acara Air ev Green Mobility Experience

Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors mengatakan, perawatan Air ev intervalnya hampir serupa dengan mobil konvensional.

"Pembagian untuk servis rutinnya, interval 5.000 Km, 10.000 Km, lalu kelipatan 10.000 Km dan seterusnya," ucap Danang di Jakarta, Senin (19/9/2022).

Untuk servis perdana Air ev di 5.000 Km, komponen yang diganti adalah oli gardan dengan harga Rp 165.000. Selain biaya servis, ada juga ongkos jasa sebesar Rp 180.000.

Baca juga: Kendaraan Listrik Harus Berisik, Ini Regulasinya

Wuling pun memberikan program gratis biaya jasa selama dua tahun atau 50.000 km, mana yang tercapai lebih dahulu. Jadi untuk servis perdana Air ev bisa dibilang cukup siapkan Rp 165.000 saja untuk oli gardan.

"Untuk (servis) selanjutnya item yang perlu rutin diganti selain oli gardan adalah filter AC dan cairan rem atau brake fluid," ucap Danang.

Secara total, biaya perawatan Wuling Air ev sampai 100.000 Km mencapai Rp 4,19 juta. Tentu ini biaya yang cukup murah untuk merawat kendaraan di diler resmi

Kalau dianalogikan 100.000 Km adalah lima tahun, maka dalam satu tahun cukup siapkan uang Rp 838.000, tidak sampai sejuta untuk servis berkala. Kemudian jika dibagi lagi, maka cukup siapkan sekitar Rp 70.000 per bulannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com