Kompas.com - 22/09/2022, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Legenda MotoGP Casey Stoner mengatakan ada yang membedakan natara pebalap di zamannya dengan pebalap saat ini. Menurut Stoner, pebalap saat ini terlalu banyak memikirkan hal teknis.

Alasan Stoner motor MotoGP zaman sekarang terlalu bergantung pada peranti elektronik. Bukan berarti di zamannya tidak ada, tapi menurut Stoner saat ini membuat pebalap jadi tidak menikmati membawa motor.

Baca juga: Komparasi Fitur Honda ADV 160 dan Aprilia SR-GT 200

Casey Stoner.MOTORSPORT.com Casey Stoner.

"Saya merasa generasi ini telah kehilangan pemahaman tentang apa yang terjadi di akhir pekan. Mereka yang ingin melindungi ban mereka, mereka yang mencoba mempersiapkan motor untuk balapan, dan lainnya," kata Stoner mengutip Corsedimoto, Rabu (21/9/2022).

Stoner bilang, terlalu banyak peranti elektronik pada motor bukan sesuatu yang positif. Ketika masih balapan, ucap Stoner, perselisihan atau beda pendapat selalu terjadi dengan teknisi, demi mengurangi peranti elektronik pada motor pada latihan bebas.

"Untuk mencoba benar-benar memahami apa yang terjadi dengan motor dan di dalamnya," kata Stoner dalam di podcast 'In The Fast Lane'.

Baca juga: Air ev Inden 2 Bulan, Wuling Tambah Kapasitas Produksi

Francesco BagnaiaTwitter @ducaticorse Francesco Bagnaia

Di sisi lain, Ducati saat ini merupakan pabrikan yang paling kencang dengan menang Kejuaraan Dunia Konstruktor tiga kali berturut-turut. Namun, sejauh ini belum berhasil meraih gelar juara dunia pebalap.

“Hari ini mereka terus menambahkan lebih banyak barang elektronik,” lanjut Stoner.

“Mereka mencoba untuk memperbaiki bentuk, tetapi bukan masalah internal. Saya pikir untuk alasan ini Ducati telah gagal selama bertahun-tahun dan belum memenangkan Kejuaraan Dunia sejauh ini," kata dia.

"Di luar apakah mereka akan berhasil menang tahun ini atau tidak," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.