Kompas.com - 22/09/2022, 09:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com -  Meski hampir semua mobil terbaru dilengkapi power outlet, ada juga pengendara mobil yang tetap setia menggunakan power bank

Padahal, penggunaan power bank di mobil dianggap sangat berbahaya. Bahkan, sudah ada kejadian mobil terbakar salah satu penyebabnya power bank meledak. 

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, bagian baterai power bank berisiko tinggi meledak jika dibiarkan di dalam kabin mobil.

Hal tersebut karena elemen baterai gampang memuai, dan reaksi kimiawi elektrolit terjadi ketika suhu panas. 

"Suhu panas kabin mobil menyebabkan pemuaian dalam baterai. Panas berlebihan anoda dan katoda bisa meledak," kata Didi kepada Kompas.com, Rabu (21/9/2022). 

Baca juga: Awas, Kabel-kabel Ini Paling Rawan jika Digigit Tikus

Power bank meledak di dalam mobil Dicky Aditya Wijaya Power bank meledak di dalam mobil

Selain itu, Didi mengatakan, ledakan baterai power bank bisa saja terjadi saat melakukan pengisian daya melalui power outlet. Lonjakan arus berlebihan dan kapasitas baterai overload, memicu suhu panas berlebihan. 

Belum lagi penempatan power bank yang salah yang biasanya, cuma diletakkan di atas jok, dan terpapar sinar matahari langsung yang membuat suhu makin cepat overheat

"Pas di-charge lebih bahaya. Panas dari sinar matahari ditambah suhu charging yang ekstra, semakin gampang membuat power bank overheat. Kalau sudah demikian lonjakan arus DC mobil jadi tidak stabil," kata dia. 

Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api yang membakar mobil di Jalan Raya Seririt - Grokgak KM 22.500, di Desa Umeanyar, Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali, Minggu (21/8/2022).Humas Polres Buleleng Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api yang membakar mobil di Jalan Raya Seririt - Grokgak KM 22.500, di Desa Umeanyar, Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali, Minggu (21/8/2022).

Maka dari itu, Didi menyarankan agar pemilik mobil sebaiknya menghindari charging power bank menggunakan power outlet. Tak hanya itu, sebelum memarkirkan mobil, pastikan semua barang bawaan tidak ada yang tertinggal. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.