Kompas.com - 19/09/2022, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus krisis cip semikonduktor masih melanda berbagai produsen kendaraan. Efeknya, produksi mobil jadi terhambat sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan pasar.

Namun, krisis ini ternyata tidak berpengaruh pada produksi produk Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI), APM Mercedes Benz Bus dan Truk.

Hal ini dikatakan oleh Faustina, Head of Product & Marketing PT DCVI, kalau produk terbarunya yakni Axor, tidak terdampak krisis.

"So far, Axor ini enggak ada krisis," ucap Faustina di Jakarta, Kamis (15/9/2022).

Baca juga: Kemenhub Bakal Revisi Sanksi Hukum untuk Truk ODOL

Test drive truk Mercedes-Benz ActrosKompas.com/Adityo Test drive truk Mercedes-Benz Actros

Tapi uniknya, produk lain dari Mercedes Benz yakni Actros malah terkena krisis cip, terutama untuk komponen mirror cam. Truk jalan raya (on road) dari Mercedes Benz yang diperkenalkan sejak 2021 malah terkena imbas krisis.

"Mirror cam malah lagi ada krisis di Jerman. Jadi customer yang pesan mirror cam, dibalikkan ke konvensional (cermin) dahulu," ucap Faustina.

Teknologi yang dibawa Actros tersebut memang sangat menarik, bahkan mempermudah pengemudi. Apalagi truk punya dimensi yang besar, mirror cam bisa mengurangi blind spot pengemudi.

Baca juga: Asap Bakaran Lahan Jadi Penyebab Kecelakaan Beruntun di Tol Pejagan


"Padahal kontraktor happy, blind spot hampir enggak ada dan membantu sekali." ucap Faustina.

Selain masalah mirror cam, tidak ada kendala lain yang dialami dalam proses produksi. Paling ada saja soal supplier ban yang tidak bisa memenuhi kebutuhan pabrik, jadi harus dicari dahulu alternatif.

"Jadi kita ganti brand (ban), cari yang sekelasnya. Buat satu truk kan vendornya banyak, tapi so far enggak ada kendala," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.