Bengkel Umum Sudah Boleh Konversi Mobil Listrik, Simak Aturannya

Kompas.com - 19/09/2022, 07:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mempercepat elektrifikasi di Indonesia, pemerintah juga mengizinkan setiap orang untuk mengonversi mobilnya menjadi mobil listrik. Tapi, tidak bisa sembarangan juga dalam melakukan konversi tersebut.

Pemerintah RI sudah menetapkan aturannya, termasuk soal bengkel yang melakukan konversi mobil listrik. Sebab, melakukan konversi mobil listrik juga harus mengutamakan keselamatan dan keamanan penggunanya.

Baca juga: 4 Lokasi Pengujian Motor Listrik Usai Lakukan Konversi

Kebijakan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor 15 tahun 2022 tentang Konversi Kendaraan Bermotor selain Sepeda Motor dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

Ilustrasi konversi mobil konvensional menjadi listrikKai-Uwe Knoth Ilustrasi konversi mobil konvensional menjadi listrik

Aturan tersebut melengkapi Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor 65 tahun 2020 tentang Konversi Sepeda Motor dengan Penggerak Motor Bakar Jadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai.

Aturan ini yang dapat dijadikan payung hukum bagi setiap bengkel yang melakukan konversi mobil listrik. Sehingga, semakin banyak ke depannya yang menggunakan mobil listrik di jalan raya.

Baca juga: Ada 10 Bengkel Konversi Motor Listrik yang Sudah Tersertifikasi

Alasan lain mengapa pemerintah mendukung konversi mobil listrik adalah agar kendaraan elektrifikasi dapat menjangkau segala lapisan masyarakat.

Daihatsu Ayla EVKompas.com/Adityo Daihatsu Ayla EV

Dalam aturan tersebut, disebutkan bahwa siapa pun yang berminat untuk mengonversi mobil konvensional menjadi mobil listrik bisa dilakukan di bengkel umum, lembaga, atau institusi yang telah memenuhi persyaratan.

Persyaratan yang dimaksud termasuk teknis dan administrasi. Selain itu, juga mendapat persetujuan dari Direktur Jenderal.

Disebutkan bahwa bengkel harus memiliki teknisi dengan kompetensi kendaraan bermotor paling sedikit, satu orang perancang konversi, satu orang teknisi instalatur, atau satu orang teknisi perawatan.

Mini Klasik yang dikonversi menjadi mobil listrik oleh Swindon Powertrain.AUTOCAR.co.uk Mini Klasik yang dikonversi menjadi mobil listrik oleh Swindon Powertrain.

Lalu, bengkel tersebut juga harus memiliki peralatan khusus untuk instalasi sistem penggerak motor listrik pada kendaraan. Kemudian, memiliki peralatan tangan dan peralatan bertenaga, peralatan uji perlindungan sentuh listrik, peralatan uji hambatan isolasi dan memiliki mesin pabrikasi komponen pendukung instalasi.

Bengkel umum, lembaga, atau institusi harus mendapat sertifikasi Bengkel Konversi terlebih dahulu agar dinilai legal dalam melakukan konversi tersebut.

VW Kodok bermesin listrikKOMPAS.com/Gilang VW Kodok bermesin listrik

Setelah mobil listrik hasil konversi selesai dibangun, selanjutnya masih harus memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan berupa pengujian. Permohonan pengujian diberikan kepada direktur kendaraan dengan melampirkan;
1. Fotokopi BPKB dan STNK
2. Hasil pemeriksaan cek fisik kendaraan oleh Polri
3. Laporan pengujian atau sertifikasi baterai SNI atau standar internasional
4. Diagram instalasi sistem penggerem motor listrik, diagram kelistrikan, dan sertifikat Bengkel Konversi
5. Gambar teknik, foto, dan/atau brosur setiap mobil yang telah dikonversi, dan standar operasional prosedur (SOP) pemasangan komponen konversi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.