Kompas.com - 18/09/2022, 16:42 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Bagi pemilik Suzuki Katana, ketika musim hujan menjadi salah satu hal yang memusingkan, lantaran adanya air yang masuk ke dalam kabin.

Hal ini tentu akan berdampak panjang, lantai bawah mobil bisa keropos. Karena itu, wajar bila sang pemilik bertanya-tanya darimana sumber kebocoran. 

Jalan masuknya air biasanya dari bagian bawah dekat pedal kemudi. Hujan yang semakin deras, jumlah air masuk dalam kabin ikut bertambah banyak.

Penyakit air hujan masuk ke kabin Katana bisa disebabkan tiga hal, yakni ;

Baca juga: Katana Bekas di Semarang Harganya mulai Rp 50 Jutaan

  • Karet Kaca Getas 

Penyebab air hujan masuk kabin Suzuki Katana dari karet kacaDicky Aditya Wijaya Penyebab air hujan masuk kabin Suzuki Katana dari karet kaca

Bila dicermati, air bisa masuk disebabkan karet kaca depan sudah getas. Letaknya dibalik dasbor, jadi tak gampang terlihat.

Agar jelas apakah sumber masalahnya titik tersebut, perhatikan baik-baik atau sempatkan waktu untuk mencari sumber kabin bocor. Caranya, guyur dengan air sambil memperhatikan dari balik kabin.

Menurut Trias Subiantara, Spesialis Jip dan Instalasi Mranggen, karet kaca dalam yang getas tidak kuat menutup celah kaca bagian ujung. Air bisa masuk dan meresap ke dalam, kemudian lantaran sulit terjangkau bagian bodi dekat kaca keropos. Sehingga, air hujan masuk kabin makin banyak. 

"Titik kebocoran air letaknya di sela-sela bagian dalam dasbor. Sulit terlihat jika tidak di bongkar. Jadi, kebocoran awal asalnya karet kaca, namun karena lembab bodinya ikutan keropos. Air jadi makin banyak jika hujan makin deras," ucapnya kepada Kompas.com, Sabtu (17/9/2022). 

Perbaikan air hujan masuk kabin pada Suzuki KatanaDicky Aditya Wijaya Perbaikan air hujan masuk kabin pada Suzuki Katana

Pergantian karet kaca depan Suzuki Katana, kata dia, agar hasil akhir maksimal sebaiknya bersamaan perbaikan bodi yang keropos. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.