Kompas.com - 18/09/2022, 11:01 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com – Meningkatnya harga jual BBM bersubsidi dan non-subsidi bikin para pengendara putar otak untuk menghemat konsumsi bahan bakar.

Buat pemakai motor, salah satu langkah sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan memperhatikan penggunaan oli mesin.

Sebab, salah pilih oli mesin rupanya bisa membuat konsumsi bahan bakar lebih boros dan ujung-ujungnya bikin pengeluaran meningkat.

Baca juga: BBM Pertalite Dibatasi, Ini Skema Pembeliannya di SPBU

Ilustrasi oli Ipone buat motor 4 takDok. Ipone Oil Ilustrasi oli Ipone buat motor 4 tak

"Memilih oli mesin jangan cuma berpatok pada tingkat kekentalan olinya saja. Tapi, lihat juga peruntukan olinya karena itu berpengaruh," ujar Roy Darmaputra, Direktur Utama PT. Asia Tranzmark Racing (ATR) selaku distributor resmi Ipone Oil di Indonesia (16/9/2022).

Menurutnya, masih banyak yang menyamakan oli motor 4 tak. Padahal untuk jenis sport dan matik berbeda jenis, meskipun viskositas atau kekentalannya sama.

"Di Ipone itu ada oli mesin yang punya kekentalan 10W-40 untuk motor jenis sport. Untuk matik kami ada Ipone Scoot 4 yang kekentalannya 10W-40 juga. Ini jangan sampai tertukar penggunaannya," ucap Roy.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Aragon 2022, Bagnaia Pole Position

Ia menambahkan, meskipun tingkat kekentalannya sama, kedua oli mesin itu punya kandungan aditif yang berbeda sehingga bisa tidak bekerja optimal jika tidak dipakai sesuai peruntukannya.

"Oli mesin matik itu cenderung lebih licin dari oli motor sport. Itu karena kopling motor matik tidak terendam oli mesin. Sedangkan oli motor sport sedikit lebih kesat agar kopling bisa mencengkram optimal," kata Roy.

"Jika oli mesin motor matik dipakai di motor sport bisa bikin selip kopling yang berujung pada pengurangan tenaga dan juga konsumsi bahan bakar lebih boros. Begitu juga oli mesin motor sport, jika dipakai di mesin motor matik akan membuat kinerjanya kurang optimal," tutur dia.

Oleh sebab itu, untuk mendapatkan kinerja optimal dan konsumsi bahan bakar yang irit, Roy sarankan pakai oli mesin sesuai peruntukan motornya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.