Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Kijang Innova Lawas Bisa Tampil Megah Gagah

Kompas.com - 07/09/2022, 10:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Kijang Innova menjadi salah satu mobil yang penjualannya cukup laris di Tanah Air.

Dengan daya tampungnya yang mampu membawa banyak penumpang, ditambah dengan performa mesin yang mumpuni, terutama yang bermesin diesel, menjadi perpaduan yang pas diajak kegiatan sehari-hari.

Meski berstatus sebagai Multi Purpose Vehicle (MPV) alias mobil keluarga, tak jarang pemilik yang melakukan ubahan agar tampilannya menjadi lebih berkelas.

Baca juga: Harga Mobil Listrik Bekas Masih Mahal, Mulai Rp 500 Jutaan

Seperti modifikasi yang dilakukan oleh pria bernama M Hazrul Aswadi. Toyota Innova diesel tipe V lansiran tahun 2013 milik Hazrul, Dibekali ubahan yang sederhana, namun menambah nilai estetika dari MPV pabrikan Jepang ini.

Modifikasi Toyota InnovaDok pribadi M Hazrul Aswadi Modifikasi Toyota Innova

“Mobil ini memang dibeli buat harian, saya pilih mobil ini karena mobil keluarga dan muat banyak. Awalnya dulu cuma iseng ganti pelek, makin lama liat di sosial media banyak yang modifikasi Innova, jadi ikut nyemplung. Nah, untuk aliran modifikasi saya pilih Thailook, karena memang lagi ramai-ramainya modif kiblatnya ke Thailand,” ucap Hazrul, kepada Kompas.com, (6/9/2022)

Pada bagian eksterior, sebetulnya tak ada ubahan yang signifikan. Hazrul tetap mempertahankan desain khas Toyota Innova dengan tampilan gril yang minimalis. Hanya saja ditambah body kit sederhana tipe Luxury pada bagian samping, ditambah ubahan pada sektor penerangan agar menjadi lebih terang.

“Body kit saya pakai tipe luxury untuk bagian samping, di depan sama belakangnya masih basic tipe V. Sementara untuk lampu saya pakai Surabayanstyle kalau istilah modifikasinya. Jadi untuk lampu depan pakai Biled 65 watt, biar makin jos. Tambahan mini projie, dan untuk foglamp-nya juga pakai Biled pro 7,” kata Hazrul.

Modifikasi Toyota InnovaM Hazrul Aswadi Modifikasi Toyota Innova

Berlanjut ke sektor kaki-kaki, Hazrul menggunakan pelek Ring 18 Advan RG1 Gold, sementara untuk ban dirinya menggunakan merek dengan ukuran yang berbeda antara depan dan belakang.

“Depan saya pakai 225/50 R18 biar tidak mentok. Kalau yang belakang saya pakai 235 R18 biar makin gigit, dan kelihatan gemuk mobilnya, katanya.

Tak hanya sampai disitu, Hazrul juga menambahkan per Eibach agar tampilan mobilnya terlihat rendah. Ditambah dengan shockbreaker profender yang bisa diatur tingkat kekerasan dan keempukannya pada bagian depan dan belakang.

“Mobil ini juga sudah pakai stabilizer dari Euro Houze, sekalian juga saya ganti stopper-nya biar tidak jeledug kalau ngayun di jalan,” ucapnya.

Baca juga: Daftar Harga Kijang Innova Diesel Bekas, Mulai Rp 160 Jutaan

Modifikasi Toyota InnovaDok pribadi M Hazrul Aswadi Modifikasi Toyota Innova

Adapun pada bagian interior, Hazrul hanya melakukan ubahan pada bagian kursi atau jok yang sudah dibalut menggunakan bahan kulit. Sementara untuk bagian audio, Hazrul memasang subwoofer agar suara musik terdengar lebih jelas.

Menyoal sektor jantung pacunya, Hazrul mengaku masih menggunakan mesin dengan spesifikasi standar pabrikan.

Baca juga: KIA Sonet X-Line Meluncur, Harga Rp 240 Jutaan

“Kalau di mesin, saya tidak berani terjun dalam-dalam, takutnya keterusan. Paling cuma lakukan remap, ganti filter sprintfilter, terus ganti downpipe sama muffler biar makin menarik lagi,” katanya.

Hazrul mengaku membutuhkan waktu setahun untuk memodifikasi Toyota Innova miliknya dengan total biaya modifikasi hampir Rp 50 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com