Kompas.com - 18/09/2022, 13:02 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pompa bahan bakar menjadi salah satu komponen yang penting pada mobil. Jika tidak bekerja dengan baik, maka suplai BBM ke mesin akan terganggu.

Pompa bensin merupakan komponen yang awet sehingga jarang rusak. Kalau pun rusak, biasanya ketika mobil sudah tahunan dipakai.

Maka dari itu, ketika pompa bensin mulai lemah maka mesin akan memunculkan beberapa gejala, dan itu bisa dikenali.

Baca juga: Begini Ciri-ciri Kerusakan Pompa Bensin Mitsubishi Xpander

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan untuk mengenali tanda-tanda pompa bahan bakar sudah waktunya ganti, perlu kepekaan di dalam mendengarkan suara pompa.

“Ketika pompa fuel pump (pompa bahan bakar) lemah, pasti putaran mesin tidak stabil, dan saat akselerasi terasa tidak bertenaga, bahkan bisa membuat putaran mesin drop hingga mogok, namun gejala tersebut bisa disebabkan oleh hal lain, maka dari itu perlu dipastikan,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Minggu (18/9/2022).

Dia mengatakan untuk memastikan apakah gejala tersebut disebabkan pompanya atau yang lain, maka perlu dicek dengan alat tekanan pompa.

Baca juga: Pompa Bensin Pendongkrak Tenaga Mesin

Kondisi pengecekan fuel pump- Kondisi pengecekan fuel pump

“Jika di bengkel, ada alat tekanan bahan bakar, sehingga bila tekanan yang terbaca kurang dapat disimpulkan pompa lemah, tapi kalau di rumah bisa mengandalkan suara pompanya,” ucap Ibrohim.

Dia menjelaskan, suara pompa bahan bakar memiliki ciri khas, dan setiap pabrikan memiliki suara yang berbeda-beda sehingga perlu mendengarkan suara pompa ketika mobil tersebut sedang sehat terlebih dulu.

“Saat kunci kontak on, seharusnya pompa bahan bakar berbunyi dengung tanda pompa aktif, ada juga bunyi dengung tersebut tidak stabil itu menandakan pompa bensin lemah, bisa juga suaranya kasar, itu juga tanda pompa bensin lemah,” ucap Ibrohim.

Baca juga: Pompa Bensin Bermasalah, Toyota Recall Ribuan Avanza

Saringan filter pompa bahan bakar sangat kotor. Endapan lumpur dan kotoran sulfur dikhawatirkan menyumbat filter bahan bakar, dan injektor. Dicky Aditya Wijaya Saringan filter pompa bahan bakar sangat kotor. Endapan lumpur dan kotoran sulfur dikhawatirkan menyumbat filter bahan bakar, dan injektor.

Selain itu, khusus untuk mobil yang mogok, sebelum menentukan pompa tersebut yang rusak perlu memeriksa arus listrik yang mengalir ke pompa agar tidak terjadi kesalahan penggantian komponen.

Jadi, bila pompa bahan bakar sudah menunjukkan tanda-tanda itu, maka pompa harus diganti agar mobil kembali memiliki performa yang prima.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.