Cara Usir Kerak Karbon dengan Teknik Italian Tune Up

Kompas.com - 25/08/2022, 16:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Mesin mobil dalam jangka waktu tertentu akan mengalami penurunan performa. Hal ini bisa disebabkan banyak hal, salah satunya karena penumpukan kerak karbon.

Dampak dari kerak karbon pada ruang bakar, akan membuat proses pembakaran tidak lagi normal. Sehingga berpengaruh terhadap konsumsi BBM dan tenaga mesin. 

Paling sering  yang bisa dirasakan yaitu mesin ngelitik alias knocking. Bila dibiarkan saja, maka gejalanya akan makin parah. 

Untuk mengatasi hal tersebut, langkah pertama yang harus tempuh adalah melakukan pembersihan atau carbon cleaner yang bisa disebut juga gurah mesin.

Baca juga: Jangan Salah, Ini Bedanya Servis Berkala, General Servis, dan Tune Up

Namun ada cara lain yang juga bisa dilakukan pemilik mobil, yakni Italian Tune Up yang juga bisa diandalkan untuk merontokkan kerak karbon.

Kepala Bengkel Toyota Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto mengatakan, teknik Italian Tune Up bisa dilakukan sendiri. Namun tetap ada aturan mainnya. 

Mesin mobil yang dipacu lebih kencang, harapannya bisa menghancurkan deposit karbon di ruang bakar. 

Kap mesin Honda Brio. Mobil bekas di rentang harga Rp 100 jutaan. Dicky Aditya Wijaya Kap mesin Honda Brio. Mobil bekas di rentang harga Rp 100 jutaan.

"Mobil dipacu sampai jarum rpm hampir mendekati red line. Itu cara lama untuk membersihkan karbon di ruang bakar," ucap Bambang, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (25/8/2022).

Perlut diketahui, Italian Tune Up diambil dari kebiasaan para mekanik Italia yang biasa membersihkan kerak karbon mengeber mobil dalam kecepatan tinggi. Tujuannya adalah membuang deposit karbon yang mengendap di dalam ruang bakar mesin

Dengan model tune up sederhana itu, Bambang mengatakan, kerak yang menumpuk di ruang bakar bisa terkikis dan terbuang bersama asap knalpot. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.