Kompas.com - 18/09/2022, 10:42 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) akhir-akhir ini membuat sebagian orang berpikir agar dapat menghemat konsumsi bahan bakar.

Banyak cara yang dilakukan, salah satu metode yang beredar di masyarakat adalah dengan memasang magnet pada saluran bensin.

Katanya, cara tersebut bisa menghemat konsumsi bahan bakar. Jika memang demikian, tentu cara ini akan banyak dilakukan karena harga magnet cukup terjangkau dan minim risiko.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Medan Magnet di Pelintasan Kereta Buat Mobil Mogok?

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan cara tersebut cukup efektif pada mobil-mobil tua yang masih menggunakan karburator untuk sistem bahan bakarnya.

Ilustrasi sifat-sifat magnetfreepik Ilustrasi sifat-sifat magnet

“Untuk karburator cukup efektif, karena bensin ngumpul di ruang pelampung sehingga molekul-molekulnya bisa lebih padat, nah magnet ini berfungsi untuk mengurai sehingga pengabutan di karburator menjadi lebih sempurna,” ucap Ibrohim, kepada Kompas.com, Minggu (18/9/2022).

Ibrohim menjelaskan, dengan pengabutan yang sempurna maka tenaga mesin menjadi lebih baik, sehingga secara pasti membuat konsumsi bahan bakar lebih irit.

Baca juga: Magnet Merek Eropa di IIMS 2014

Dia menjelaskan, justru pada mobil-mobil modern efektivitas magnet ini menurun karena mobil-mobil modern sudah memiliki sistem bahan bakar yang lebih sempurna.

“Untuk mesin modern, khususnya pada injeksi yang regulatornya jadi satu dengan pompa bensin kurang efektif karena di selang atau pipa bensin dan barel injektor sudah tersedia bensin bertekanan 3,5 kg per cm,” ucap Ibrohim.

Ilustrasi area servis kendaraan di bengkel Mitsubishi Motors. Dok. MMKSI Ilustrasi area servis kendaraan di bengkel Mitsubishi Motors.

Menurut Ibrohim, magnet ini mengurai molekul sehingga pengabutan pada mesin karburator lebih sempurna, sementara pada mesin injeksi kebalikannya, dengan memanfaatkan bensin bertekanan yang dilewatkan pada injektor pengabutan lebih sempurna.

Baca juga: BBM Pertalite Dibatasi, Ini Skema Pembeliannya di SPBU

Jadi, magnet ini akan efektif bila digunakan pada mobil-mobil yang masih menggunakan karburator sebagai sistem pencampuran bahan bakar dan udara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.