Anggota Konsorsium Baterai Motor Listrik Bertambah Jadi 21 Merek

Kompas.com - 18/09/2022, 09:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Satu tahun sejak Honda, KTM, Piaggio, dan Yamaha pertama kalinya bekerja sama untuk mengerjakan konsorsium baterai yang dapat ditukar buat motor listrik, kini total sudah ada 21 merek yang berkolaborasi.

Dilansir dari situs resmi SBMC (Swappable Batteries Motorcycle Consortium) (17/9/2022), konsorsium disebut telah berkembang pesat dari sebelumnya dan tetap terbuka untuk anggota tambahan.

Sekarang, sebanyak 21 merek berbeda telah menjadi anggota, dan semuanya bertemu di kantor pusat KTM di Mattighofen, Austria pada Juli 2022, untuk membahas dari mana mereka berasal, serta ke mana mereka akan pergi.

Baca juga: Pemutihan Denda Pajak Kendaraan di Jakarta Berlaku sampai Desember 2022

Satu tahun sejak Honda, KTM, Piaggio, dan Yamaha pertama kalinya bekerja sama untuk mengerjakan konsorsium baterai yang dapat ditukar buat motor listrik, kini total sudah ada 21 merek yang berkolaborasi.Dok. SBMC Satu tahun sejak Honda, KTM, Piaggio, dan Yamaha pertama kalinya bekerja sama untuk mengerjakan konsorsium baterai yang dapat ditukar buat motor listrik, kini total sudah ada 21 merek yang berkolaborasi.

Untuk diketahui, SBMC didirikan dengan misi untuk mempercepat penyebaran sistem baterai yang dapat ditukar, dengan mengembangkan dan mempromosikan spesifikasi teknis umum baru menuju standarisasi global dan terbuka.

Tujuannya adalah untuk memastikan interoperabilitas penuh dari pertukaran baterai untuk memfasilitasi aplikasi mereka dan meningkatkan mobilitas yang berkelanjutan.

Visi, strategi dan operasi konsorsium telah ditetapkan di seluruh anggotanya, komite dan kelompok kerja.

Baca juga: BBM Pertalite Dibatasi, Ini Skema Pembeliannya di SPBU

Konsorsium juga bakal dilengkapi dengan alat dan instrumen yang tepat untuk memenuhi ambisinya.

Serangkaian spesifikasi teknis yang relevan telah disepakati, dan alur kerja SBMC pada pembuatan prototipe dan standarisasi berhasil dimulai.

Sekitar 21 merek yang tergabung di antaranya adalah AVL, Ciklo, Fivebikes, Forsee Power, Hioki, Honda, Hyba, JAMA (Japan Automobile Manufacturers Association), dan Kawasaki.

Kemudian juga KTM, KYMCO, Niu, Piaggio, Polaris , Roki, Samsung, Sinbon , Sumitomo Electric, Suzuki, Swobbee , Vitesco, VeNetWork, serta Yamaha.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.