Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Augusto Fernandaz Akan Jadi Rookie Satu-satunya di MotoGP 2023

Kompas.com - 12/09/2022, 18:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bursa transfer pebalap MotoGP musim depan tidak seperti biasanya. Untuk MotoGP 2023, hanya akan ada satu rookie.

Anomali yang terjadi ini dikarenakan hengkangnya Suzuki dari MotoGP. Sehingga, meninggalkan Joan Mir dan Alex Rins yang harus mencari tim lain untuk bernaung.

Baca juga: Joan Mir Siap Balapan di MotoGP Aragon 2022

Sehingga, seleksi untuk setiap pebalap jadi semakin ketat. Sebanyak lima pebalap rookie musim ini, dua pebalap di antaranya hanya bisa bertahan satu musim saja di MotoGP, yakni Remy Gardner dan Darryn Binder.

Augusto Fernandez. (Photo by VLADIMIR SIMICEK / AFP)VLADIMIR SIMICEK Augusto Fernandez. (Photo by VLADIMIR SIMICEK / AFP)

Gardner yang merupakan juara dunia Moto2 2021. Dia belum sempat menunjukkan potensinya, dan kontraknya tidak diperpanjang oleh KTM. Hal yang serupa terjadi juga pada adik dari Brad Binder.

Beberapa pebalap top Moto2 musim ini akhirnya memilih untuk bertahan satu musim lagi, seperti Ai Ogura dan Celestino Vietti. Saat ini Augusto Fernandez memimpin klasemen sementara Moto2 2022 dengan unggul empat poin dari Ogura.

Baca juga: Bos Aprilia Bilang Jalan Menuju Juara Dunia MotoGP Masih Panjang

Augusto Fernandez. (Photo by Filippo MONTEFORTE / AFP)FILIPPO MONTEFORTE Augusto Fernandez. (Photo by Filippo MONTEFORTE / AFP)

Dikutip dari Speedweek.com, Senin (12/9/2022), Augusto yang akan jadi rookie satu-satunya di MotoGP 2023. Augusto akan menjadi pebalap Gasgas Tech3 Factory Team bersama Pol Espargaro.

Meski demikian, jika Ogura atau Vietti yang menjadi juara dunia, kedua pebalap ini punya peluang untuk menyamai rekor Johann Zarco. Sebab, hanya Zarco yang baru bisa meraih gelar juara dunia Moto2 dua kali, dan itu pun diraih berturut-turut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com