Kompas.com - 12/09/2022, 14:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Dibandingkan populasi sepeda motor bebek atau sport, pasaran skutik di Tanah Air saat ini jauh labih naik daun 

Berbagai kalangan seperti, pelajar, pekerja, sampai ibu rumah tangga menggemari skutik lantaran mudah dikendarai untuk aktivitas sehari-hari.

Meski demikian, di balik kenyamanan yang ditawarkan, ada satu anggapan bila skutik lebih boros Bahan Bakar Minyak (BBM). 

BBM irit atau boros, sebenarnya bisa dipahami lantaran faktornya beragam. Paling mencolok, penyebabnya perawatan komponen-komponen utama skutik tidak benar. Lantas, apa saja itu? 

Baca juga: Jangan Asal Gas, Ini 3 Hal Penting agar Skutik Makin Irit BBM

Kepala Bengkel Honda Zirang Motor Semarang Nurhadi Muslim mengatakan, perawatan yang tidak benar pengaruhnya bisa langsung berimbas kepada performa mesin, paling terasa konsumsi BBM meningkat dan akselerasi payah. 

"Skutik ada 5 poin perawatan wajib komponen yang bisa jadi patokan BBM irit atau boros," ucap Nurhadi kepada Kompas.com, Senin (12/9/2022). 

Test ride Honda Genio terbaruKOMPAS.com/ADITYO WISNU Test ride Honda Genio terbaru

Lantaran itu, pemilik skutik bisa memperhatikan poin perawatan komponen agar performa tetap terjaga, yakni:

Baca juga: Pilihan Baru Pelumas Mesin untuk Skutik Premium 150 cc ke Atas

  • BBM 

Pengendar sepeda motor mengisi bahan bakar jenis Pertamax di SPBU Jalan Ahmad Yani, Sabtu (3/9/2022). Harga Pertamax saat ini naik menjadi Rp 14.850 per liter untuk wilayah Lampung.KOMPAS.COM/TRI PURNA JAYA Pengendar sepeda motor mengisi bahan bakar jenis Pertamax di SPBU Jalan Ahmad Yani, Sabtu (3/9/2022). Harga Pertamax saat ini naik menjadi Rp 14.850 per liter untuk wilayah Lampung.

Standar perawatan dari pabrikan, biasanya mewajibkan skutik mengkonsumsi BBM oktan tinggi. Dilihat dari kompresi, minimal menggunakan bahan bakar Research Octane Number (RON) 92. Alasannya, kompresi pembakaran mesin tidak gampang berubah. 

Dengan demikian, waktu pengapian mesin tetap normal. Sebab, bila tidak sesuai standar, bahan bakar bisa gagal terbakar. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.