Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketum IMI Dorong Masyarakat Migrasi ke Kendaraan Listrik

Kompas.com - 12/09/2022, 07:22 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) Pertamina, belum lama ini membuat pengemudi mobil dan sepeda motor mesti mengeluarkan dana lebih untuk mengisi bensin.

Di satu sisi timbul anggapan bahwa kenaikan harga BBM bisa jadi momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat beralih ke kendaraan listrik, yang diklaim lebih hemat dan lebih baik dari sisi lingkungan.

Baca juga: Ganti Shockbreaker Belakang Motor, Jangan Asal Nungging

Ketua MPR Bambang Soesatyodok. pribadi Ketua MPR Bambang Soesatyo

Salah satu yang mengajak masyarakat untuk mulai beralih ke mobil dan motor listrik ialah Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo, yang menyebut kendaraan listrik akan mengurangi beban subsidi.

"Kalau ingin jadi pahlawan kita bermigrasi dari mobil berbahan bakar konvensional, motor konvensional ke listrik," kata Bamsoet saat pembukaan Black Stone Garage, di Jakarta, akhir pekan lalu.

"Sebab dengan demikian kita membantu pemerintah mengurangi subsidi yang membebani daripada APBN, tapi itu memang tanggung jawab negara," ujar Bamsoet.

Bamsoet sendiri sudah memakai mobil listrik sejak 2018. Dia punya dua mobil listrik Tesla Model X dan Model S, yang sempat dipakai ke kantor di Kompleks Parlemen Senayan.

Baca juga: Satlantas Surabaya Terapkan ETLE dengan Kamera Ponsel

Bike Smart Electric KOMPAS.com/Gilang Bike Smart Electric

Saat itu dia mengaku mengendarai mobil Tesla sekaligus mempromosikan mobil listrik yang tidak menggunakan bahan bakar minyak (BBM).

"Sekalian mempromosikan mobil listrik yang tak membebankan negara karena tak mengkonsumsi BBM, baik BBM bersubsidi maupun BBM non subsidi. Serta menjaga kesehatan lingkungan karena tak menimbulkan polusi," kata dia.

"Saya punya Tesla Model X dan S. Dua-duanya sudah saya laporkan ke LHKPN," ucap Bamsoet.

Baca juga: Apa Kabar Motor Listrik Bike Smart Electric Milik Bamsoet?

Bamsoet perkenalkan motor listrik baru Bike Smart ElectricFoto: Arif Syahbani Bamsoet perkenalkan motor listrik baru Bike Smart Electric

 

Beli Motor Listrik

Selain itu, Bamsoet yang juga menjabat Ketua MPR RI mengatakan, sudah membeli dua motor listrik hasil konversi dari salah satu workshop di Bali.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.