Kompas.com - 09/09/2022, 12:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Ban serep bisa dibilang sebagai ban kelima pada mobil, yang secara fungsi tak bisa dianggap remeh.

Tugasnya sangat penting, dalam keadaan darurat, seperti ban bocor atau pecah, harus siap digunakan. Karena itu, perawatannya serep tak boleh disepelekan. 

Namun dalam kenyataannya, tak sedikit pemilik mobil mengabaikan ban serep. Bahkan untuk sekadar tambah tekanan udara sekalipun. 

Bukan hanya risiko lantaran struktur ban berubah, dalam keadaan darurat, tekanan udara ban yang kempis malah bikin repot sendiri.

Baca juga: Wajib Tahu Risiko Pakai Ban Serep untuk Harian

Lantas bagaimana perawatan yang benar?

Menurut Kepala Bengkel Toyota Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto, perawatannya sama saja dengan empat ban utama. Ban yang jarang dirawat, struktur karet kompon ban dapat berubah. 

Karena itu, ada beberapa hal utama yang harus diperhatikan, yakni: 

  • Tekanan Udara 

Isi Angin Ban MobilDicky Aditya Wijaya Isi Angin Ban Mobil
Lantaran jarang digunakan dan minim perawatan, dikhawatirkan dalam keadaan darurat, ban tidak bisa langsung digunakan. Faktor utama ban kempis tapi tidak diketahui sebelumnya oleh pemilik, apalagi bila penempatannya di kolong. 

Untuk mengatasinya, Bambang menjelaskan, pemilik mobil wajib cek berkala tekanan udara ban.

Agar lebih aman, tekanan udara ban serep baiknya diberikan tekanan tambahan, antisipasi penyusutan dari pori-pori dinding ban. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.