Kompas.com - 09/09/2022, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Suzuki mengumumkan untuk mendatangkan model baru V-Strom 1050. Nantinya motor petualang ini tersedia dalam varian V-Strom 1050 dan V-Strom 1050DE.

Dilansir dari Response (8/9/2022), V-Strom terbaru akan mulai dijual di seluruh dunia, mulai dari Eropa dan Amerika Utara pada Januari 2023.

Dengan kapasitas mesin 1.000 cc, barangkali motor ini bakal jadi pesaing serius Kawasaki Ninja 1000 SX maupun Honda Africa Twin.

Baca juga: Cuma 400 Unit, Motor Jadul Yamaha SR400 Kembali Diproduksi

Suzuki V-Strom 1050 model year 2023RESPONSE.jp Suzuki V-Strom 1050 model year 2023

Salah satu ubahan yang menarik, V-Strom terbaru memiliki sistem quick shift dua arah yang memungkinkan pemindahan gigi naik/turun tanpa mengoperasikan kopling.

Selain itu, terdapat fungsi sistem kontrol elektronik SIRS (Suzuki Intelligent Ride System) telah ditingkatkan.

Kemudian, instrumen meter layar TFT berwarna ukuran 5 inci yang menampilkan berbagai informasi termasuk status pengaturan SIRSi. Layar selengkap ini tentu akan dibutuhkan saat pengendara melakukan touring jarak jauh.

Baca juga: Hyundai Venue Penantang Toyota Raize, Harga Rp 240 Juta

V-Strom 1050DE yang baru telah menambahkan mode G khusus ke sistem kontrol traksi, serta mode menon-aktifkan ABS pada rem belakang.

Bicara soal fitur, terdapat peningkatan stabilitas kemudi di jalan tak beraspal. Termasuk crash guard berupa besi di area mesin dan bagian bawah.

Selain itu, terdapat roda besar ukuran 21 inci yang dipasang di depan, dan ban pola kotak-kotak juga tersemat untuk ban depan dan belakang.

Baca juga: Perbandingan Biaya Isi Pertalite dan Pertamax Full Tank di Nmax dan PCX 160

Suzuki V-Strom 1050 model year 2023RESPONSE.jp Suzuki V-Strom 1050 model year 2023

Dibandingkan model lama, V-Strom 1050 terbaru lebih lebar sekitar 20 mm ke kiri dan kanan. Adapun setang memiliki kinerja yang bisa menyerap goncangan lebih baik.

Di atas kertas, Suzuki V-Strom 1050 mengusung mesin berkapasitas 1.037 cc V-twin dengan tenaga sebesar 107,4 tk pada 8.500 rpm dan torsi 100 Nm pada 6.000 rpm.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.