Kompas.com - 07/09/2022, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Vivo Energy Indonesia akhirnya melakukan penyesuaian harga jual produk BBM-nya, yaitu Revvo 89 (RON 89) yang sebelumnya dibanderol dengan harga Rp 8.900 per liter menjadi Rp 10.900 per liter.

Sebelumnya, Revvo 89 menjadi bensin termurah setelah Pertalite (RON 90) dijual Rp 10.000 per liter. Konsumen juga sempat terpantau memenuhi SPBU Vivo karena perbedaan harga ini.

Namun, dengan penyesuaian harga tersebut, antrean pembeli yang sebelumnya mengular telah berangsur normal, bahkan cenderung sepi.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Hybrid yang Dijual di Indonesia, mulai Rp 270 Jutaan

Ilustrasi harga BBM naik dan harga PertaliteKOMPAS.com/Nur Jamal Sha'id Ilustrasi harga BBM naik dan harga Pertalite

Direktur Eksekutif Komite Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB) Ahmad Safrudin menanggapi lebih murahnya harga BBM Revvo 89 dibandingkan Pertalite.

Menurut dia, hal tersebut dimungkinkan karena harga pokok penjualan bahan bakar yang sebenarnya bisa lebih murah dari yang diketahui selama ini.

“Itu fakta bahwa sesungguhnya harga pokok BBM tidak seperti yang disampaikan pemerintah. Untuk menutupi rasa malunya, menegur Vivo, terus segera menyesuaikan harga,” ujar Puput dalam webinar yang disiarkan Youtube Infokpbb (6/9/2022).

Baca juga: Jangan Semua Mobil Dipaksa Minum Pertamax Turbo, Ketahui Dampaknya

“Itu enggak betul, seharusnya ketika ada produsen BBM yang bisa menjual dengan harga lebih rendah, justru harus dikasih apresiasi oleh pemerintah,” kata dia.

Oleh sebab itu, dalam menetapkan harga pokok penjualan, pemerintah harus terbuka. Tujuannya agar masyarakat juga bisa memantau profit margin dari setiap penjualan BBM.

"Pemerintah harus transparan atas revenue dari penjualan crudes oil, yang total revenue harus dibagikan kepada masyarakat sesuai amanat UUD 1945 Pasal 33," ucap Puput.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.