Kompas.com - 30/08/2022, 17:12 WIB

KLATEN, KOMPAS.com - Dalam proses pengecatan mobil sering terdengar istilah oven. Katanya, dengan sistem tersebut kualitas menjadi lebih optimal sehingga menghasilkan hasil cat yang terbaik.

Mungkin proses oven ini sama seperti pada proses pembuatan makanan di mana perlu memanaskan objek dalam ruangan tertutup. Hal itu sering menimbulkan salah sangka dari kebanyakan orang.

Lantas, bagaimana maksud oven pada proses pengecatan mobil yang sebenarnya?

Baca juga: Cara Mudah Merawat Cat Mobil dan Perbaikan Bodi

Honda Jazz akan melakukan perbaikan bodiZabadi/Fairu Honda Jazz akan melakukan perbaikan bodi

Pemilik Zabadi Body Repair Fairu, mengatakan proses oven yang dimaksud tidak sama persis dengan pada pembuatan makanan, karena pengecatan tidak membutuhkan panas yang ekstrem.

“Maksud dari dioven itu proses pengecatan di dalam ruangan tertutup, di dalam ruangan tersebut bisa diatur suhunya sesuai ketentuan yang baik dalam proses pengecatan, harus pas tidak terlalu panas,” ucap Fairu kepada Kompas.com, Selasa (30/8/2022).

Selain ruangan tertutup dan pengaturan suhu pada proses oven, ruangan juga perlu disediakan perangkat untuk mensirkulasikan udara.

Baca juga: 3 Musuh Utama Cat Mobil jikalau Parkir di Tempat Terbuka

Proses Nano Coating oleh Scuto Indonesia, Jakarta, Senin (28/3/2022)KOMPAS.com/Ruly Proses Nano Coating oleh Scuto Indonesia, Jakarta, Senin (28/3/2022)

“Disamping itu, ruangan juga harus dilengkapi blower untuk menyedot udara, jadi sebenarnya ruangan yang dibutuhkan tidak yang benar-benar tertutup, masih diperlukan sirkulasi udara,” ucap Fairu.

Dia mengatakan proses tersebut bukan tanpa tujuan. Ruangan yang tertutup, penyedot udara serta pengaturan suhu tersebut tentu akan meningkatkan hasil serta dapat mempersingkat waktu pengeringan cat.

“Ruangan yang tertutup tentu agar ruangan tersebut terbebas dari debu yang beterbangan terbawa angin, ini kenapa perlunya blower atau penyedot udara bukan peniup, tujuannya agar tidak ada debu yang masuk ke ruangan tersebut selama proses pengeringan cat,” ucap Fairu.

Baca juga: Tips Merawat Cat Mobil, Jangan Sering Parkir di Tempat Lembab

Scuto Paint melayani cat mobil dan perbaikan bodiDok. Scuto Group Scuto Paint melayani cat mobil dan perbaikan bodi

Fairu menjelaskan, sirkulasi udara dan suhu yang pas akan mempercepat proses pengeringan cat. Hal itu tentu saja mempersempit peluang cat basah terkena kotoran atau tersentuh benda lain.

“Dengan begitu, proses oven yang baik akan membuat hasil cat menjadi maksimal,” ucap Fairu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.