Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Diperkenalkan, Pemesanan Suzuki Grand Vitara Sudah Puluhan Ribu

Kompas.com - 28/08/2022, 13:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Stanly Ravel

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini Suzuki resmi memperkenalkan generasi terbaru dari Grand Vitara di India.

Mobil bergenre sport utility vehicle (SUV) ini meluncur dengan beragam penyegaran, salah satunya adalah mengusung teknologi bermesin hybrid.

Satu bulan setelah dikenalkan, Grand Vitara sukses mencetak 13.000 ribu Surat Pemesanan Kendaraan (SPK).

Bahkan dilansir dari India Car News, Grand Vitara diklaim telah menerima lebih dari 40.000 pemesanan. Padahal, mobil ini baru akan diluncurkan secara resmi pada September mendatang.

Baca juga: Apakah Benar Tambal Ban Tubeless Model Tusuk Bikin Kembangan Rusak?

Sebagai informasi, Suzuki Grand Vitara terbaru itu merupakan produk kolaborasi bersama Toyota Urban Cruise Hyryder. Artinya mobil ini dibekali dengan platform yang sama hanya saja memiliki desain yang berbeda.

Grand Vitara generasi kelima datang dengan desain yang lebih modern dan gagah. Pada bagian depan, dibekali gril dengan sentuhan kelir piano black dipadukan dengan krom dan emblem yang membuatnya terlihat semakin futuristik.

Suzuki Grand Vitara posisi samping.Maruti Suzuki Suzuki Grand Vitara posisi samping.

Sementara pada sektor penerangan sudah disematkan LED tiga titik yang berfungsi sebagai DLR lengkap dengan proyektor yang dibingkai warna piano black berbentuk trapesium.

Pada bagian kaki-kaki, dibekali dengan pelek 17 inci yang desainnya mirip dengan Suzuki XL-7 di Indonesia.

Berlanjut ke bagian interior, Suzuki Grand Vitara terbaru dibekali head unit infotainment layar sentuh 9 inci Smart Play, panoramic sunroof, dan pengaturan AC yang sudah digital.

Selain itu, SUV ini juga sudah dibekali pengisian nirkabel untuk ponsel dan kamera 360 derajat hingga panel instrumen digital.

Baca juga: Jangan Salah, Mobil Pengguna Pertamax Juga Menikmati Subsidi

Tampilan belakang Suzuki Grand Vitara Hybrid.Maruti Suzuki Tampilan belakang Suzuki Grand Vitara Hybrid.

Pada varian tertinggi, disematkan head up display yang memproyeksikan informasi kecepatan serta penunjuk arah di kaca depan seperti yang ada pada Suzuki Baleno facelift.

Sementara untuk dapur pacu, mobil ini dibekali dengan dua pilihan mesin. Pertama mesin Toyota TNGA Atkinson Cycle 1.5 liter yang mampu menghasilkan tenaga 92 Tk dan torsi 122 Nm.

Dikombinasikan dengan motor listrik yang punya daya 79 Tk dan torsi 141 Nm. Tenaga kombinasi mesin hybrid ini bisa mencapai 114 Tk dengan pilihan transmisi eCVT. Diklaim mobil ini bisa menjelajah hingga 25 Km memanfaatkan tenaga dari baterai, konsumsi bahan bakarnya mencapai 27,9 km per liter (kpl).

Baca juga: Berburu Motor Bekas Bujet Rp 12 Jutaan, Bisa Dapat Suzuki GSX

Suasana kabin dan dasbor Suzuki Grand Vitara generasi kelima, sudah full kulit coklat tua. Maruti Suzuki Suasana kabin dan dasbor Suzuki Grand Vitara generasi kelima, sudah full kulit coklat tua.

Kedua, mesin 2.5 liter K15C Mild Hybrid yang juga digunakan pada Ertiga lansiran India dengan tenaga 103 Tk dan torsi 117 Nm.

Mesin ini menawarkan dua pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 6 percepatan dengan paddle shift. Juga ada pilihan penggerak AllGrip AWD.

Klaim konsumsi BBM 21,11 kpl untuk transmisi manual, 20,57 kpl untuk matik dan 19,38 untuk varian AllGrip AWD.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com