Kompas.com - 20/08/2022, 20:02 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) mencatat kenaikan jumlah pemesanan kendaraan bermotor roda empat atau lebih sebesar persen selama sembilan hari pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Secara volume, sebagaimana dikatakan Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmi Suwandi, ialah sebesar 3.260 unit, di mana yang masuk Toyota Official Store Solution (TOSS) sebesar 325 unit.

Tapi dari jumlah tersebut, kendaraan listrik hanya menyumbang dua persennya saja atau 70 unit.

Padahal visi perhelatan tahunan itu ialah untuk menyambut era elektrifikasi di pasar dalam negeri. Terbukti dari banyaknya pabrikan yang memperkenalkan teknologi serupa termasuk Toyota lewat bZ4X dan Lexus RX EV terbaru.

Baca juga: Pemerintah Targetkan Produksi Mobil Listrik Tembus 600.000 Unit

Toyota Astra Motor (TAM) di GIIAS 2022Doc TAM Toyota Astra Motor (TAM) di GIIAS 2022

"Angka SPK (surat pemesanan kendaraan) sampai kemarin malam (19 Agustus 2022) mencapai 3.260 unit, di mana Toyota Avanza masih menjadi penymbang terbesar yaitu 17 persen (555 unit)," kata dia, Sabtu (20/8/2022).

"Tapi melihat saat ini, ruang negosiasi sangat ramai. Jadi saya yakin akan ada penambahan SPK lagi hari ini. Kemudian total model hybrid, 70 unit di mana Corolla Cross Hybrid dan C-HR Hybri jadii model terlaris," tambah Anton.

Hanya saja, tidak dijelaskan secara rinci pembagian atau kontribusi kendaraan rendah emisi-nya. Adapun mobil listrik yang dipasarkan oleh TAM saat ini ada Corolla Cross Hybrid, Corolla Altis Hybrid, C-HR Hybrid, Camry Hybrid, dan Prius PHEV.

Lebih jauh, selain Avanza model kendaraan terlaris lainnya selama GIIAS 2022 ialah Raize (13,7 persen atau 447 unit), Veloz (13 persen atau 423 unit), Kijang Innova (12.1 persen atau 394 unit), dan Rush (8,4 persen atau 273 unit).

Baca juga: Pengusaha Masih Ragu Pakai Truk Listrik

Toyota bZ4X dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Dibawa langsung oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) dari Jepang, mobil ini untuk kali pertama hadir di pasar Asia Tenggara.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Toyota bZ4X dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Dibawa langsung oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) dari Jepang, mobil ini untuk kali pertama hadir di pasar Asia Tenggara.

"Bila digabung, untuk Avanza dan Veloz komposisinya itu mencapai 30 persen," kata Anton.

Kemudian, di model-model GR seperti yang baru saja dilaunching yaitu All New GR86 juga ikut mendapat animo positif dari masyarakat yang hingga kini telah soldout untuk tahun 2022.

Penjualan model GR lainnya juga menjadi favorit masyarakat dengan komposisi penjualan varian GR Sport rata-rata 95 persen.

"Mudah-mudahan GIIAS 2022 ini tidak hanya memberikan motivasi tetapi juga mendorong tren positif untuk industri nasional," kata dia lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.