Wonderful Indonesia Motorbike Touring Riders Tuntaskan Jelajah Asia 4.300 Km

Kompas.com - 20/08/2022, 18:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Wonderful Indonesia Motorbike Touring 2022 sukses menyelesaikan turing atau perjalanan lintas negara sejauh nyaris 4.300 kilometer, yang mencangkup Malaysia, Thailand, Kamboja, Laos, dan Vietnam.

Diikuti 25 pengendara roda dua asal Indonesia dengan menggunakan motor Harley-Davidson, Triumph Motorcycle, Victory Motorcycles, Ducati, Honda, Kawasaki, Royal Enfield, dan BMW, perjalanan ditempuh selama 16 hari, yakni mulai 18 Juli sampai 2 Agustus 2022.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menyatakan bila kegiatan tersebut merupakan lanjutan dari aktivitas sejenis yang telah sukses digelar pada tahun 2019 lalu.

Baca juga: Ragam Produk Aftermarket untuk Mobil di GIIAS 2022

Tim Wonderful Indonesia Motorbike Touring 2022 sukses menyelesaikan turing atau perjalanan lintas negara di Asia Tenggara sejauh nyaris 4.300 kilometer, yang mencangkup Malaysia, Thailand, Kamboja, Laos, dan Vietnam.dok.IMI Tim Wonderful Indonesia Motorbike Touring 2022 sukses menyelesaikan turing atau perjalanan lintas negara di Asia Tenggara sejauh nyaris 4.300 kilometer, yang mencangkup Malaysia, Thailand, Kamboja, Laos, dan Vietnam.

Hanya saja pada 2020-2021 kemarin, dikarenakan pandemi Covid-19 gelaran tahunan terkait tidak bisa dihelat. Sehingga tahun ini jadi yang pertama kali setelah lonjakkan pandemi.??

"Kegiatan ini juga jadi sarana turing diplomasi yang efektif dalam menduniakan Indonesia melaui otomotif," katanya dalam keterangan pers, Sabtu (20/8/2022).

Tak hanya itu, dikatakan Direktur IMI Mobilitas Sepeda Motor, Joel D. Mastana bahwa WIMT juga sebagai upaya mempromosikan pariwisata dan produk otomotif UMKM Indonesia ke dunia, sekaligus menjalin silaturahmi ke komunitas internasional.

Adapun selama perjalanan, tidak ada kendala yang berarti karena seluruh pengemudinya sudah mengikuti safety riding. Sehingga mampu menerapkan manajemen turing yang tepat.

Padahal, perjalanan melewati area dengan kontur maupun kondisi yang beda-beda. Misal saja di Malaysia yang relatif lebih banyak dilalui di highway atau jalan tol yang membelah bagian utara dan selatan.

Baca juga: Kesan Pertama Mengendarai Subaru XV di GIIAS 2022

“Walau secara persentase lebih banyak jalan mulus, namun dalam touring kali ini terdapat medan yang menantang, misalnya ketika memasuki perbatasan antara Kamboja dan Laos, serta perbatasan Laos dan Vietnam," kata salah satu biker senior, Bernard.

"Di sini banyak jalur masih berupa jalan tanah dan gravel atau bebatuan. Selain itu, temperatur di negara Asia ini cukup panas bahkan dibandingkan dengan Indonesia. Di beberapa tempat suhu udara mencapai 38 derajat Celcius dengan sinar matahari terik," tambah dia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.