Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satgas Covid-19 di Pameran GIIAS 2022, Tegakkan Aturan di Keramaian

Kompas.com - 20/08/2022, 19:42 WIB
|


TANGERANG, KOMPAS.com - Setiap pameran besar pihak penyelenggara membuat Satuan Tugas -19 atau Satgas Covid-19 yang akan menegur langsung para pengunjung jika tidak melaksanakan protokol kesehatan.

Di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 juga ada Satgas Covid-19. Satuan ini jalan berkeliling pameran sambil membawa Satgas papan peringatan berisi pakai masker dan jangan berkerumun.

Baca juga: Kesan Pertama Mengendarai Subaru XV di GIIAS 2022

Ilustrasi pengunjung pameran GIIAS 2022KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Ilustrasi pengunjung pameran GIIAS 2022

Salah satu Satgas Covid-19 yang ditemui di GIIAS mengatakan, meski saat ini tren virus semakin menurun tapi selama peraturan protokol kesehatan masih berlaku maka Satgas Covid-19 tetap akan menegur pengunjung.

"Kami memastikan semua pengunjung selalu menggunakan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker saat dia masuk ke booth atau stand di GIIAS 2022 dan menggunakan hand sanitizer dulu. Lebih ke arah protokol dan SOP," kata dia kepada Kompas.com, Sabtu (20/8/2022).

Satgas yang minta namanya dirahasikan tersebut mengatakan, Satgas Covid-19 di GIIAS 2022 berjumlah 32 orang. Semua berjaga dari pameran buka sampai tutup, dan bekerja tanpa shift.

Baca juga: Aksesori Mobil Suzuki Diskon 25 Persen di GIIAS 2022

Booth Isuzu di GIIAS 2022KOMPAS.com/Serafina Ophelia Booth Isuzu di GIIAS 2022

"Setiap pengunjung yang terpantau kami tidak menggunakan masker atau melepas masker akan kami peringatkan untuk menggunakan masker kembali. Untuk sampai saat ini belum ada. Mereka masih aware dengan prokes," kata dia.

"Selama peraturan masih berlalu kita akan jalankan tugas, untuk menimimalisir korban Covid-19," kata dia.

Salah satu pengunjung GIIAS 2022, Adit, yang tahun lalu juga datang ke pameran mengatakan, fungsi Satgas Covid-19 tetap penting meski tren virusnya menurun. Namun menurut penglihatannya penjagaan di GIIAS 2022 tidak seketat tahun lalu.

"Sebetulnya tetap penting sebab Covid-19 masih ada. Tapi anehnya waktu masuk itu ketat, mesti pakai peduli lindungi dan lain-lain tapi pas masuk itu engga seketat tahun lalu penjagaannya," kata dia.

Baca juga: Pengusaha Masih Ragu Pakai Truk Listrik

Toyota Astra Motor resmi meluncurkan GR86 di GIIAS 2022.KOMPAS.com/Dio Toyota Astra Motor resmi meluncurkan GR86 di GIIAS 2022.

Pria berkacamata yang berprofesi sebagai videografer itu mengatakan, dia masih melihat ada orang yang cuek tidak pakai masker tapi luput dari Satgas Covid-19. Sayang dia tidak sempat mengabadikan momen tersebut.

"Orang masih banyak yang tidak pakai masker. Lihat orang tidak pakai masker juga nyantai aja. Kebetulan engga (tidak difoto)," kata Adit.

"Satgas Covid-19 juga muter-muter, tapi ada satu dua yang nyamperin orang. Ya mungkin sudah kepenuhan, orang mengira Covid-19 menurun tapi kan tetap ada dan tetap penting," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.