Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Satgas Covid-19 di Pameran GIIAS 2022, Tegakkan Aturan di Keramaian

Di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 juga ada Satgas Covid-19. Satuan ini jalan berkeliling pameran sambil membawa Satgas papan peringatan berisi pakai masker dan jangan berkerumun.

Salah satu Satgas Covid-19 yang ditemui di GIIAS mengatakan, meski saat ini tren virus semakin menurun tapi selama peraturan protokol kesehatan masih berlaku maka Satgas Covid-19 tetap akan menegur pengunjung.

"Kami memastikan semua pengunjung selalu menggunakan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker saat dia masuk ke booth atau stand di GIIAS 2022 dan menggunakan hand sanitizer dulu. Lebih ke arah protokol dan SOP," kata dia kepada Kompas.com, Sabtu (20/8/2022).

Satgas yang minta namanya dirahasikan tersebut mengatakan, Satgas Covid-19 di GIIAS 2022 berjumlah 32 orang. Semua berjaga dari pameran buka sampai tutup, dan bekerja tanpa shift.

"Setiap pengunjung yang terpantau kami tidak menggunakan masker atau melepas masker akan kami peringatkan untuk menggunakan masker kembali. Untuk sampai saat ini belum ada. Mereka masih aware dengan prokes," kata dia.

"Selama peraturan masih berlalu kita akan jalankan tugas, untuk menimimalisir korban Covid-19," kata dia.

Salah satu pengunjung GIIAS 2022, Adit, yang tahun lalu juga datang ke pameran mengatakan, fungsi Satgas Covid-19 tetap penting meski tren virusnya menurun. Namun menurut penglihatannya penjagaan di GIIAS 2022 tidak seketat tahun lalu.

"Sebetulnya tetap penting sebab Covid-19 masih ada. Tapi anehnya waktu masuk itu ketat, mesti pakai peduli lindungi dan lain-lain tapi pas masuk itu engga seketat tahun lalu penjagaannya," kata dia.

Pria berkacamata yang berprofesi sebagai videografer itu mengatakan, dia masih melihat ada orang yang cuek tidak pakai masker tapi luput dari Satgas Covid-19. Sayang dia tidak sempat mengabadikan momen tersebut.

"Orang masih banyak yang tidak pakai masker. Lihat orang tidak pakai masker juga nyantai aja. Kebetulan engga (tidak difoto)," kata Adit.

"Satgas Covid-19 juga muter-muter, tapi ada satu dua yang nyamperin orang. Ya mungkin sudah kepenuhan, orang mengira Covid-19 menurun tapi kan tetap ada dan tetap penting," kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/20/194200515/satgas-covid-19-di-pameran-giias-2022-tegakkan-aturan-di-keramaian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke