Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengulas Tampilan Suzuki S-Presso dan Daihatsu Ayla

Kompas.com - 20/08/2022, 15:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi meluncurkan S-Presso pada hari pertama pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Mobil ini menjadi pilihan baru di segmen city car dengan harga Rp 155 juta hingga Rp 164 juta.

Banderol tersebut setara dengan kisaran mobil ramah lingkungan alias low cost green car (LCGC). Bahkan dibanding para rival di segmennya, Suzuki S-Presso jadi pilihan paling murah.

Jika dilihat dari kapasitas mesin, S-Presso bakal berhadapan dengan Daihatsu Ayla 1.0 lantaran sama-sama dibekali mesin 998 cc tiga silinder, meski keduanya berada di segmen yang berbeda.

Baca juga: Katana Lawas Dijual Rp 110 Juta, Bodi Masih Orisinal

Lantas jika keduanya disandingkan secara tampilan, mana yang lebih menarik untuk dipinang?

Suzuki S-PressoKompas.com/Adityo Suzuki S-Presso

S-Presso sendiri memiliki dimensi panjang 3.565 mm, lebar 1.520 mm, dan tinggi 1.565 mm. Sedangkan Ayla memiliki dimensi panjang 3.660 mm, lebar 1.600 mm, dan tinggi 1.520 mm. Artinya, secara dimensi, Ayla sedikit lebih panjang dan lebar dibandingkan S-Presso. Namun, S-Presso memiliki dimensi yang lebih tinggi dari Ayla.

Bicara soal tampilan, Suzuki S-Presso walaupun terlihat mungil, ternyata desainnya juga bisa mengarah ke segmen small SUV. Apalagi visualnya dibuat mengotak dengan gril dan bumper yang terlihat tinggi dan memiliki skid plate pada bagian bawahnya. Tak lupa, over fender juga turut disematkan di Suzuki S-Presso guna menambah kesan sporty dari mobil ini.

Dari sektor penerangan, S-Presso menggunakan halogen pada lampu utama. Namun, sayangnya belum disematkan lampu kabut alias foglamp.

Daihatsu Ayla Bekas Dicky Aditya Wijaya Daihatsu Ayla Bekas

Sementara untuk Ayla, tampilannya dibuat simpel dengan warna bemper, warna luar spion, sampai material baru di door handle luar dibuat menyatu dengan kelir body. Ayla tampil sederhana tanpa skid plate pada bagian bawah seperti yang tersemat pada Suzuki S-Presso, juga tanpa over fender.

Adapun untuk sektor penerangan, lampu utama Ayla sudah menggunakan halogen projector lengkap dengan fog lamp atau lampu kabut di bagian bawah.

Berlanjut ke bagian belakang, keduanya sama-sama dibekali dengan tampilan yang minimalis. S-Presso hadir dengan lampu rem dengan desain C-Shape, sedangkan Ayla tampil dengan desain L-Shape. Keduanya juga sudah dibekali dengan spoiler, mata kucing serta high mount stop lamp.

Baca juga: Jelang Penutupan, Cek Diskon Helm di GIIAS 2022

Menyoal sektor kaki-kaki, Suzuki S Presso memiliki tampilan pelek dan ban yang berukuran 165/70 R14. Sementara Ayla dibekali dengan profil ban 175/65 R14.

Soal tampilan, kembali lagi pada selera masing-masing konsumen. Bagi Anda yang menyukai desain kompak bergaya SUV bisa memilih Suzuki S-Presso, sementara jika ingin memiliki mobil dengan desain sederhana khas perkotaan bisa menjatuhkan pilihan pada Daihatsu Ayla.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com