Ketahui, Ini Fungsi Kantong Kecil di Bawah CVT Skutik

Kompas.com - 20/08/2022, 13:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Dalam rumah CVT matik terdapat berbagai macam komponen yang saling berhubungan. Tak terkecuali, sebuah kantong kecil yang ada di bawah rumah CVT.

Padahal, fungsi komponen satu ini sangat penting. Lalu apakah fungsinya?

Kepala Bengkel Honda Zirang Motor Semarang Nurhadi Muslim mengatakan, meski terbilang sepele fungsi momponen semacam kantong itu tak boleh di anggap remeh. 

Fungsinya menampung air yang berpotensi merusak bagian CVT. 

"Jika motor baru saja melewati genangan atau habis di cuci ada kemungkinan air masuk. Jadi, biar aman kantong ini mencegah air masuk, ada bak penampungan di dalamnya," ucap Nurhadi kepada Kompas.com, Sabtu (20/8/2022). 

Baca juga: CVT Motor Matik Bergetar, Cek Beberapa Penyebabnya

Nurhadi mengatakan, air yang masuk ke bagian CVT sangat berbahaya. Kampas kopling ganda matik slip, tenaga mesin gagal tersalurkan ke transmisi. 

Hal ini bisa diketahui dari tenaga mesin yang berkurang drastis, bahkan ngedrop. 

CVT Honda PCX 150Dicky Aditya Wijaya CVT Honda PCX 150

"Karena itu, kantung plastik dibuat tertutup rapat agar cipratan air sedikit saja tak masuk ke dalam," ujar Nurhadi. 

Meski demikian, Nurhadi menyebut, kantong kecil kaya manfaat itu wajib di perhatikan. Perawatan yang bisa dilakukan yakni dengan membuka kemudian saringan air di bersihkan. 

"Mudah, selang penutup bisa dibuka menggunakan tang universal. Agar air yang tersisa dalam bak penampungan bisa keluar, caranya buka gas dalam waktu maksimal 10 detik," tuturnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.