Perbedaan Fitur AYC dan ASC pada New Xpander Cross Facelift

Kompas.com - 20/08/2022, 10:22 WIB


MEDAN, KOMPAS.com – Mitsubishi New Xpander Cross telah diresmikan di pasar otomotif nasional pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, Kamis (11/8/2022).

Berbeda dengan generasi sebelumnya, Xpander Cross Facelift hadir dengan fitur canggih bernama Active Yaw Control (AYC) dan stability control (ASC). AYC  dan ASC Merupakan fitur keselamatan dan juga kenyamanan saat berkendara.

Namun banyak mempertanya apakah fitur ini kedua serupa ?

Baca juga: Ada Regulasi Euro 4, Isuzu Catat Pertumbuhan Pasar di Atas 20 Persen

“Banyak yang menanyakan apa bedanya fitur ini dengan ASC. Sebenarnya fitur AYC ini sudah ada sebelum di generasi Mitsubishi Lancer Evolution, jadi ada di kendaraan yang ada di kelas atas Mitsubishi,” kata brand ambassador dari Mitsubishi Motors Indonesia Rifat Sungkar di Medan, Kamis (18/8/2022).

Rifat menyebutkan jika fitur aktif utama AYC adalah salah satu fitur yang sangat penting untuk meningkatkan keselamatan dan bekerjasama dengan ASC.

Jika terjadi sesuatu ketika berada di jalan licin,  AYC fitur paling siaga karean berkaitan dengan rem. Sementara itu, traction control atau ASC akan bertugas lebih awal untuk menstabilkan kendaraan ketika ban alami slip.

Tapi jika hanya punya fitur ASC, mobil akan berusaha berada dalam sebuah kecepatan yang pelan dan terkontrol dengan baik. Jika mobil punya AYC, ketika ASC sedang menyala dan mobil akan melintasi tikungan, baru fitur AYC akan hidup.

“Jadi jenjang pertama, ketika terjadi kepanikan, traction control akan berjalan, kemudian jika sedang mengakselerasi di tikungan yang licin AYC akan bekerja. Jadi mobil masih tetap bisa mempertahankan kecepatan sesuai dengan yang kita mau,” kata Rifat.

New Mitsubishi Xpander Cross dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (13/8/2022).KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO New Mitsubishi Xpander Cross dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (13/8/2022).

Baca juga: Hasil FP2 MotoGP Austria, Zarco Tercepat, Aleix Tercecer

Rifat menegaskan jika ASC selalu mencegah mobil untuk tidak terlalu kencang jika di situsia bahaya. ASC dan AYC akan mempertahankan stabilitas kecepatan yang diinginkan di jalan licin pada tikungan.

“Jadi betapa majunya teknologi yang disematkan di New Xpander Cross yang baru kita luncurkan,” kata Rifat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.