CVT Motor Matik Bergetar, Cek Beberapa Penyebabnya

Kompas.com - 22/07/2022, 19:31 WIB

SEMARANG,KOMPAS.com - Biasanya penyakit sepeda motor matik yang sudah berusia 5 tahun, akan ditandai suara berisik dan gemuruh dari CVT.

Tak jarang, gejala tersebut terjadi ketika mesin sudah panas, atau saat pertama kali motor dinyalakan. 

Lalu, darimanakah asal suara dan kerusakan yang terjadi?

Kepala Bengkel Honda Nusantara Sakti Penggaron Rofiudin mengatakan, bunyi suara berisik pada CVT bisa berasal dari kerusakan roller atau v-belt

Baca juga: PEVS 2022 Resmi Dibuka, Dihadiri 50 Perusahaan Kendaraan Listrik

"Suara berisik dari CVT bisa dilihat dari gejala yang terjadi pada saat motor digunakan. Kalau berat di tanjakan atau akselerasi mendadak cek kampas kopling ganda matik," ucap Rofiudin kepada Kompas.com, belum lama ini. 

Komponen CVT sepeda motor matik sedang dilakukan pembongkaran Dicky Aditya Wijaya Komponen CVT sepeda motor matik sedang dilakukan pembongkaran

Lebih lanjut dia mengatakan, full set kampas ganda memiliki kelengkapan per pegas. Lantaran per yang lemah dan loyo pada putaran mesin rendah CVT akan berbunyi. 

"Ciri-cirinya terdengar bunyi dengung dari dalam CVT pas mesin hidup. Beda lagi kalau sudah panas dan di gas rpm tinggi bunyi akan hilang," katanya. 

Per kampas ganda matik, lanjut Rofiudin, berjumlah tiga buah. Bila rusak salah satu saja disarankan ganti semuanya. 

Senada, Kepala Bengkel Honda Zirang Motor Nurhadi Muslim mengatakan, kampas ganda matik yang bermasalah membuat kendaraan bergetar. 

"Kampas yang tidak bisa pas menempel di rumah kopling ganda selain bergetar akan timbul bunyi berisik," katanya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.