Kompas.com - 14/08/2022, 10:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Memiliki mobil tua butuh perawatan yang tak boleh asal-asalan. Termasuk dalam hal memilih oli mesin. 

 

Urusan pergantian oli mesin mobil tua ada aturan mainnya. Paling dasar soal kekentalan dan viskositas yang akan digunakan. 

Ada anggapan komponen mesin berbahan logam umumnya telah mengalami perubahan celah akibat faktor usia dan juga pemakaian. Karena itu, mobil berusia di atas 8 tahun atau jarak tempuh lebih dari 100.000 kilometer (km) disarankan tak menggunakan oli yang encer.

Benarkah demikian?

Baca juga: Haruskah Ganti Filter Setiap Ganti Oli Mesin?

Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto mengatakan, anggapan tersebut salah kaprah. Mobil yang digunakan bertahun-tahun, spesifikasi olinya tetap sama, karena sudah disesuaikan dengan kebutuhan mesin.

"Kalau riset sih belum ada yang mengatakan bahwa mobil tua tidak boleh pakai oli yg encer. Tapi berdasarkan pengalamanbiasanya pakai oli encer suara mesin agak lebih kasar," kata Bambang, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini. 

Sesuai kebutuhan, Bambang menekankan, kekentalan oli yang aman digunakan bisa disesuaikan kondisi kesehatan mesin. 

Perawatan wajib ganti oli mesinInnova Community Perawatan wajib ganti oli mesin

"Cuma biasanya berpatokan standar pabrikan dan mencocokkan dengan kondisi kendaraan. Kalau ada indikasi masalah kebocoran oli, disarankan naik pake grade 10W-40," ucapnya. 

Bambang menjelaskan, karakter ruang bakar mesin mobil lama biasanya cenderung jadi lebih panas. Sifat molekul oli encer tidak cocok karena dianggap kurang baik meredam suhu panas tinggi yang dihasilkan mesin.

Menurutnya, penggunaan oli encer seperti 0W-20 atau 5W-30, dikhawatirkan oli tidak bisa naik ke atas. Komponen mesin bisa tidak terlumasi sempurna. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.