Kompas.com - 14/08/2022, 08:41 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi meluncurkan S-Presso. Mobil berukuran kompak ini masuk ke segmen city car, seperti Ignis yang sudah lebih dulu dipasarkan.

Secara dimensi, keduanya tidak jauh berbeda. Dari segi harga, S-Presso dibanderol jauh di bawah Ignis. Sebab, Ignis memiliki kapasitas mesin yang lebih besar dan fitur yang lebih lengkap.

Baca juga: Alasan Suzuki S-Presso Dibekali Fitur yang Minim

Meski demikian, Suzuki mengaku tidak khawatir jika ke depannya S-Presso akan mengganggu pasar Ignis dan mematikan penjualan mobil tersebut.

Test Drive Suzuki IgnisKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test Drive Suzuki Ignis

Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS, mengatakan, jika bicara soal kanibalisasi, pihaknya sudah menghitung dengan memberikan range dari harga itu sendiri yang agak berbeda.

Kalau dilihat, S-Presso memiliki harga Rp 155 juta (OTR Jakarta) sampai dengan Rp 164 juta (OTR Jakarta).

"S-Presso lebih murah, tentunya kapasitas konsumen dan target konsumen juga berbeda. Target untuk segmen S-Presso sendiri, kami targetkan konsumen yang lebih muda dibandingkan dengan konsumen Ignis," ujar Donny, kepada wartawan, saat peluncuran S-Presso, belum lama ini.

Baca juga: Bisa Langsung Pesan Suzuki S-Presso di GIIAS 2022, Tanpa Inden

Donny menambahkan, untuk rentang umur, Ignis sendiri ditujukan untuk konsumen di usia 30 tahun sampai 35 tahun. Sedangkan S-Presso, 25 tahun sampai 30 tahun.

Suzuki S-PressoKOMPAS.com/Sendy Darlis Suzuki S-Presso

"Jadi, kami yakin tidak ada kanibalisasi. Sebab, secara price bracket yang merefleksikan kapasitas konsumen dan juga fitur dan tampilan produk itu sendiri yang berbeda. Walaupun, keduanya sama-sama compact SUV," kata Donny.

Saat ini, Ignis dibanderol Rp 207,2 juta (OTR Jakarta) untuk tipe GX MT. Sedangkan tipe GX AT, harganya Rp 217,5 juta (OTR Jakarta).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.