Kompas.com - 14/08/2022, 08:01 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) cukup mencuri perhatian pengunjung di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, usai memperkenalkan mobil listrik Ayla EV.

Hal ini menarik, sebab dari banyak model yang dipasarkan, Daihatsu ternyata justru lebih memilih Ayla untuk dijadikan kendaraan elektrifikasi. Berbeda dengan pabrikan lain yang memilih mobil kelas menengah atau premium.

Jika benar diproduksi secara massal, bisa saja mobil ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Sebab, Ayla sendiri merupakan mobil di segmen kendaraan bermotor roda empat yang hemat energi dan harga terjangkau (KBH2).

Baca juga: Toyota Pertimbangkan Kenaikan Harga Mobil pada Kuartal IV/2022

Kehadirannya Ayla EV bisa menjadi trendsetter di kelas yang sama, dimana ada Honda Brio Satya yang menjadi salah satu peserta di segmen tersebut. 

Terlebih lagi, saat ini Honda belum menunjukkan tanda menyematkan teknologi listrik pada mobil murahnya itu.

Meski demikian, Honda cukup santai menanggapi kehadiran Ayla EV.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, saat ini pihaknya mulai fokus untuk menyediakan kendaraan listrik untuk pasar Indonesia. Hal ini dimulai dengan memperkenalkan teknologi hibrid di GIIAS 2022.

Honda Brio Satya CVTKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda Brio Satya CVT

“Kita melihat elektrifikasi pasti arah sana, arah kendaraan full baterai itu sudah pasti. 2040 secara global Honda harus karbon netral tapi entah itu full baterai atau fuel cell,” ucap Billy di ICE BSD, Sabtu (13/8/2022).

Mengenai segmen apa yang nantinya akan dijadikan kendaraan listrik Honda, Billy mengungkap, pihaknya masih terus mempelajari apa yang menjadi kebutuhan konsumen.

“Nanti segmen apa yang akan dijadikan ke sana (kendaraan listrik), pasti kami melihat apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen. Jadi, kita terus pelajari apa yang cocok dan dibutuhkan konsumen Indonesia saat ini,” katanya.

Baca juga: Diler Hyundai Mulai Serahkan Unit Pertama Stargazer ke Konsumen

Seperti diketahui, Daihatsu memamerkan Ayla EV untuk pertama kalinya ke publik di GIIAS 2022. Mobil listrik ini masih dalam bentuk konsep, bukan versi produksi massal.

Selain Ayla EV, kendaraan elektrifikasi lainnya yang dipamerkan adalah Rocky Hybrid. Mobil ini sebelumnya sudah diluncurkan di Jepang tahun lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.