Sempat Menghilang, Minerva Coba Bangkit Lagi dengan Motor Listrik

Kompas.com - 14/08/2022, 08:21 WIB
|


TANGERANG, KOMPAS.com - Minerva Electron resmi meluncurkan motor listrik Minerva M1 di GIIAS 2022. Skuter nol emisi tersebut merupakan tonggak kembalinya Minerva di kancah roda dua nasional setelah sempat menghilang.

Berbeda dengan Minerva atau Minerva SACHS sebelumnya, Minerva bertranformasi jadi Minerva Electron. Sesuai namanya, menunjukkan identitas sebagai merek motor yang terjun di segmen elektrifikasi.

Kristianto Goenadi Presiden Direktur PT Bagaskoro Mega Langgeng (BML) pemegang merek Minerva di Indonesia mengatakan, pihaknya memilih mengembalikan nama Minerva sebab sudah dikenal di masyarakat.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Melepas Filter Udara Bikin Mesin Mobil Makin Garang?

Minerva Electron resmi meluncurkan Minerva M1 di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.KOMPAS.com/Gilang Minerva Electron resmi meluncurkan Minerva M1 di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

"Banyak hal yang kami lihat. Setidaknya kami sudah punya perizinan di industrinya, kami juga punya izin assembly, sehingga kami mengembangkan itu jadi Minerva sendiri masih mengembangkan itu," kata Kristianto saat peluncuran, Jumat (12/8/2022).

"Masih dikenal orang lah. Jadi ketika kami mau mengembangkan Electron lebih mudah," kata dia.

Sedikit sejarah Minerva di Tanah Air dimulai dari PT Minerva Motor Indonesia yang muncul sekitar tahun 2007. Saat itu, Minerva berani bikin motor baru yang tampilannya nyaris sama dengan pabrikan Jepang.

Banyak yang beranggapan bahwa motor Minerva ini benar-benar sama dengan motor sport Jepang. Sebab motor ini punya desain yang sangat mirip namun dengan harga miring.

Baca juga: Diler Hyundai Mulai Serahkan Unit Pertama Stargazer ke Konsumen

Minerva Electron resmi meluncurkan Minerva M1 di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.KOMPAS.com/Gilang Minerva Electron resmi meluncurkan Minerva M1 di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Paling terkenal ialah Minerva R150 yang jadi kembaran Honda CBR150R generasi pertama. Kala itu, motor Minerva ini dijual dengan harga yang jauh lebih murah, dibandingkan CBR150R CBU Thailand yang dijual sekitar Rp 30 jutaan sampai Rp 40 jutaan.

Beberapa tahun berikutnya, PT Minerva Motor Indonesia melakukan Co-Branding and Joint Venture Manufacturing dengan Sachs Fahrzeug –und Motorentechnik. Selanjutnya, motor ini lebih dikenal dengan Minerva Sachs.

Ada beberapa model yang diluncurkan, mulai dari skuter matik (skutik), motor sport naked, dan motor sport full fairing.

Pada tahun 2015, manajemen yang sama meresmikan kerja sama untuk menjadi distributor resmi motor asal Austria, KTM. Sejak itu, kiprah Minerva sudah tidak terdengar lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.