Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Setting Sendiri Arah Sorot Headlamp Mobil

Kompas.com - 08/09/2021, 16:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit pengemudi mobil yang abai dengan sorot lampu depan. Padahal arah sorot lampu yang tidak pas dapat menyebabkan penglihatan dan kenyamanan berkurang.

Bahkan jika arahnya melebar dan tak fokus dapat mengganggu pengendara lain terutama dari arah depan. Hal ini tentu akan dapat membahayakan para pengguna jalan di malam hari.

Baca juga: Video Viral Kartu E-Toll Bisa Kedaluwarsa, Begini Penjelasannya

Samsudin, Aftersales Support PT Astra International Peugeot, mengatakan pengemudi dapat mengecek sendiri dengan menggunakan tembok.

Proses pembersihan mika lampu mobil dapat menggunakan pasta gigiitstillruns.com Proses pembersihan mika lampu mobil dapat menggunakan pasta gigi

"Salah satunya adalah mencari tembok untuk sasaran tembak arah lampu yang berfungsi sebagai acuan arah sorot lampu utama kendaraan," kata Samsudin dalam keterangan resmi, Rabu (8/9/2021).

Caranya kata Samsudin, pastikan dinding tembok dan ruang cukup lega untuk mempermudah
penyetelan arah cahaya. Kemudian lakukan di tempat yang agak gelap sehingga cahaya lampu terlihat jelas.

"Dekatkan mobil ke tembok dan buat garis sebagai tanda sejajar dengan ketinggian lampu bagian atas. Setelah itu mobil dimundurkan kira-kira 10 meter sambil lampu dinyalakan. Idealnya batas atas sorot lampu harus mengenai garis tersebut," katanya.

Baca juga: Mobil Diesel Diisi Pertalite, Petugas SPBU Kuras Tangki Mobil

Ilustrasi diler Peugeot di Tangerang Selatan.DOK. ASTRA PEUGEOT Ilustrasi diler Peugeot di Tangerang Selatan.

Jika sudah pas, lanjut setting arah lampu. Untuk lampu sebelah kanan, usahakan titik apinya lurus dengan posisi headlamp dan cenderung ke arah bawah atau jalan.

Tujuannya untuk mencegah pengguna jalan yang berlawanan arah tidak silau. Sementara untuk sebelah kiri dapat diarahkan sedikit keluar, yaitu sekitar 5 derajat agar sorotan lampu lebih luas juga ke jalan.

“Kenapa berbeda dengan yang sebelah kanan, hal ini ditujukan agar pengendara dapat melihat sisi jalan atau trotoar. Tentu selain arah depan. Jadi, pastikan setting sorot headlamp yang tepat agar nyaman dan aman berkendara,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com