Truk Listrik yang Dibawa Hino ke GIIAS 2022, Ada Pintu Tembus

Kompas.com - 12/08/2022, 15:01 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Pada GIIAS 2022, memang cukup banyak kendaraan elektrifikasi yang dipamerkan, salah satunya dari Hino yakni Hino Dutro Z EV.

Pada booth yang terletak di hall 7 ICE BSD ini, Hino memamerkan truk listrik dengan dimensi yang kompak. Bahkan panjang dari truk mini ini enggak sampai lima meter, cuma 4,7 meter saja dengan lebar 1,7 meter.

Dutro Z EV menggunakan baterai Lithium Ion dengan kapasitas 40 kWh yang disalurkan ke motor listrik, menggerakkan roda depan.

Ukuran baterai tersebut bisa terisi penuh dengan normal charge AC dengan waktu 5 jam, sedangkan kalau quick charging, cukup 1 jam saja.

Baca juga: Hino Boyong Truk Baru di GIIAS 2022, Punya Desain Kompak

Hino Dutro Z EV di GIIAS 2022KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Hino Dutro Z EV di GIIAS 2022

Truk ini mampu menempuh jarak lebih dari 100 Km dalam kondisi penuh dan memiliki daya angkut hingga 1 ton. Tentu saja Hino Dutro Z EV memiliki keunggulan ramah lingkungan atau zero emission serta suara dan getaran yang halus.

Uniknya dari Dutro Z EV adalah sasisnya yang rendah, jadi pengguna dapat mudah mengangkut barang. Selain itu, ada pintu tembus dari kabin ke box, jadi tidak perlu keluar kalau mau mengambil barang di belakang.

Selain itu, terdapat banyak fitur keselamatan seperti Pre-Collision Safety (PCS) untuk memberi peringatan ketika kemungkinan terjadi tabrakan dari depan.

Electric Parking Brake, Clearance Sonar untuk mendeteksi hambatan ketika mobil digas secara mendadak karena salah injak pedal.

Baca juga: Mobil Listrik Ayla EV Hasil Kreasi Litbang Daihatsu Indonesia

Hino Dutro Z EV di GIIAS 2022KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Hino Dutro Z EV di GIIAS 2022

Lalu, ada juga The Erroneous Start Prevention Function sebagai pencegahan kesalahan menekan pedal gas dan rem. Serta Lane Departure Warning System (LDWS) yang merupakan sistem alat bantu keselamatan pada kendaraan yang dapat mendeteksi perpindahan jalur secara mendadak.

Bagi pengusaha yang penasaran, bisa lihat langsung ke GIIAS 2022 dari tanggal 11 sampai 21 Agustus 2022. Bisa dibilang, Dutro Z EV ini cocok untuk kendaraan paket dengan kapasitas angkut yang besar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.