Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hino Boyong Truk Listrik Mini di GIIAS 2022

Kompas.com - 10/08/2022, 15:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) nampaknya akan memamerkan truk listrik terbarunya di GIIAS 2022. Hal ini terlihat dari adanya dua truk berukuran kompak yang ditutupi dengan kain hitam.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di area GIIAS pada hari Selasa (9/8/2022), truk pertama memakai aplikasi berupa box. Sedangkan satu lagi, nampak tampak mash berupa sasis saja.

Jika diperhatikan dari pelek yang digunakan, maka truk yang dipamerkan di GIIAS tepatnya di booth Hino adalah Dutro Z EV. Truk ini punya dimensi kompak, pakai motor listrik berbasis baterai dan berpenggerak roda depan.

Baca juga: Adiputro Buat Jetbus Transit, Bus Medium Monokok dengan Sasis Hino

 

Truk Hino yang diduga Dutro Z EVKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Truk Hino yang diduga Dutro Z EV

Dikutip dari laman Hino Global, Dutro Z EV merupakan truk hasil pengembangan Hino Motors Ltd di Jepang dengan model lantai rendah, penggerak depan, dan tanpa emisi.

Selain itu, modelnya dibuat walkthrough seperti Van, jadi sangat memudahkan pengemudi untuk mengambil barang di box belakang.

Truk ini merupakan solusi dari Hino untuk last mile logistic. Jadi truk akan digunakan di lokasi-lokasi dengan jalan yang sempit, oleh karena itu dimensinya memang dibuat kompak.

Bedanya dengan truk logistik yang pakai ladder frame dan penggerak belakang, Dutro Z EV memangkas tinggi bak hampir setengahnya. Hal ini yang membuat barang lebih mudah dimasukkan ke box serta ketika pengantaran.

 Baca juga: Hilux GR Sport Terpantau di Booth Toyota di GIIAS 2022

Hino memasang target kalau truk ini bisa melaju sejauh 100 Km. Selain model box, tersedia juga sasis dengan kepala truk sehingga konsumen bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Dutro Z EV punya dimensi panjang sekitar 4,7 meter, lebar 1,7 meter, dan tinggi 2,3 meter. Selain itu bobotnya diperkirakan di bawah 3,5 ton, jadi lebih ringan dari truk pada umumnya.

Penasaran seperti apa, bisa melihat langsung duo truk ini di booth Hino yang terletak di hall 7-8 ICE BSD.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com