Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adiputro Buat Jetbus Transit, Bus Medium Monokok dengan Sasis Hino

Kompas.com - 29/06/2022, 17:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Produk dari Karoseri Adiputro yakni Jetbus Transit kini dibuat unit yang kedua. Sebelumnya, karoseri asal Malang, Jawa Timur ini sudah membuat satu prototipe Jetbus Transit dengan kelir putih hitam.

Untuk unit kedua yang dibuat juga merupakan prototipe namun memakai kelir yang berbeda. Warna yang dipilih adalah merah dengan hitam, namun belum ada stiker untuk siapa bus ini digunakan.

Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro mengatakan, unit kedua Jetbus Transit ini memang masih prototipe namun nantinya untuk dijual.

Baca juga: Bocoran Bus Baru Laksana, Generasi Penerus Legacy SR2 Segera Hadir

Jetbus Transit buatan Adiputro sedang diuji coba di SoloDOK. ADIPUTRO Jetbus Transit buatan Adiputro sedang diuji coba di Solo

"Yang pertama itu prototipe punya Adiputro, yang baru ini untuk dijual," ucapnya kepada Kompas.com Rabu (29/6/2022).

Secara tampilan luar, memang tidak berbeda dengan Jetbus Transit yang pertama. Modelnya kotak dengan desain lampu yang tipis memberi kesan minimalis dan modern.

Uniknya, bus medium dari Adiputro ini menggunakan model monokok, jadi bodinya sebagai sasis. Sedangkan untuk bagian kaki-kaki, dibuat oleh Adiputro dengan coil spring yang diklaim empuk.

Baca juga: Video Viral Rangka Honda BeAT Patah, Ini Dugaan Mekanik Honda


Keuntungan dari model bodi monokok ini adalah lebih ringan. Selain itu, lantai bisa dibuat rendah sehingga bus bisa mengangkut penumpang yang memakai kursi roda dengan mudah.

Menarik untuk ditunggu kapan Jetbus Transit bisa beroperasi di jalan raya. Mengingat pada awal 2022, Karoseri Adiputro bersama Batik Solo Trans melakukan uji coba bus ini untuk mengangkut penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com