Kompas.com - 11/08/2022, 13:27 WIB

TANGERANG, KOMPAS.COM - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengapresiasi mobil listrik yang dipamerkan Isuzu yakni Elf Electric Vehichle (EV) di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (11/08/2022).

Airlangga sempat bertanya ke direksi PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) kapan mobil listrik itu akan dipasarkan di Indonesia.

Pasar kendaraaan listrik atau electric vehicle (EV) global ke depan meningkat. Saat ini penjualan EV di pasar global mencapai 55 juta unit. Menurut Airlangga, pemerintah berkomitmen mendorong pertumbuhan mobil listrik di Tanah Air. Hal itu sebagai komitmen untuk merealisasikan kesepakatan Paris COP (conference of parties) dan net zero emission.

Baca juga: Honda Cuma Pamerkan SUV Konsep di GIIAS 2022, Meluncur Sebelum Akhir Tahun

“Untuk itu, dukungan pemerintah dilakukan dalam bentuk pemberian insentif pajak atau PPnBM ditanggung pemerintah,” kata Airlangga yang didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Menurut Airlangga, GIIAS kali ini berbeda karena banyak mobil listrik yang dipamerkan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Koordinator Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto (kanan) berbincang dengan President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Ernando Demily (kanan) didamping Ketua Umum GAIKINDO Yohanes Nangoi saat kunjungan ke booth Isuzu di Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2022, Kamis (11/8/2022) di ICE BSD Serpong Banten. dok IAMI Koordinator Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto (kanan) berbincang dengan President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Ernando Demily (kanan) didamping Ketua Umum GAIKINDO Yohanes Nangoi saat kunjungan ke booth Isuzu di Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2022, Kamis (11/8/2022) di ICE BSD Serpong Banten.

Sementara itu, President Director PT IAMI Ernando Demily saat menyambut Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menperin Agus Gumiwang mengatakan, Isuzu selalu mendukung kebijakan pemerintah, termasuk dalam upaya mengusung program energi terbarukan di industri otomotif, dengan produk mobil listrik.

Baca juga: Terkendala Suplai, Toyota bZ4x Batal Jadi Mobil Delegasi KTT G20

Makanya, dalam GIIAS 2022 ini, Isuzu menampilkan kendaraan elektrik Isuzu Elf Electric Vehichle (EV). Ini untuk pertama kalinya mobil itu dipamerkan kepada masyarakat Indonesia.

Ernando memaparkan, saat ini mobil listrik Isuzu baru dipasarkan di Jepang dan Amerika Serikat. Menurut Ernando, IAMI masih melihat bagaimana hasil evaluasi di dua negara itu. Pihaknya juga ingin melihat kondisi pasar di Indonesia dan ketersediaan jaringan pendukung untuk mobil listrik di Tanah Air.

Selain kendaraan listrik, di ruang pamer Isuzu di Hall 7C ICE, BSD, IAMI juga menampilkan sejumlah model yang dipasarkan dan menjadi andalan di Indonesia yaitu Isuzu Giga FVR S Wing Box, Isuzu Elf NPS 4x4 Manhaul, Isuzu Elf NLR B Campervan, All New Isuzu Mu-X, All New Isuzu D-Max, dan Isuzu Traga Aplikasi Bengkel Isuzu Berjalan.

Menurut Ernando, dalam pameran kali ini, pihaknya tetap memberi penekanan pada pemenuhan layanan purna jual.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.