Kompas.com - 06/08/2022, 10:12 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Ban mobil merupakan salah satu alat keselamatan berkendara paling utama. Selain tekanan udara, permukaan alurnya juga harus diperhatikan.

Permukaan yang habis tidak rata jadi salah satu indikator adanya masalah kerusakan pada kaki-kaki mobil. Bisa juga berasal dari perawatan ban. 

Ilham Hermawan Pemilik Toko Ban Sarang Knalpot mengatakan, kerusakan ban bisa terjadi karena beberapa hal. Kaki-kaki mobil bermasalah dapat menyebabkan ban habis tak rata. 

"Bisa di cek satu persatu, masalah kaki-kaki mobil dari suspensi dan bagian steering ada yang bermasalah," kata Ilham kepada Kompas.com, Jumat (5/8/2022). 

Baca juga: Nissan Bawa Penantang Fortuner dan Pajero Sport di GIIAS 2022

Untuk memastikan masalah lain pada kaki-kaki, pemilik bisa melakukan spooring dan balancing.

Pertama, cek kondisi suspensi depan dan belakang. Biasanya, shockbreaker mobil yang bermasalah berimbas ban mobil termakan sebelah. 

Alur ban rapat dengan tire noise yang lebih kecilDOK. ZULPATA ZAINAL Alur ban rapat dengan tire noise yang lebih kecil

Kemudian, dilanjutkan dengan melakukan pengecekan komponen steering mulai tie rod, ball joint, dan rack end. 

"Shockbreaker bocor baik depan maupun belakang, bisa membuat alur permukaan ban habis tidak rata," lanjut dia. 

Tak hanya itu, Ilham mengatakan, cukup sepele namun fatal akibatnya membiarkan tekanan udara ban kurang dari standar. Bisa dilihat dari alur permukaan ban yang habis kedua sisi. 

"Dari pabrikan tekanan udara ban ada aturan baku. Mudah diketahui, dari alur permukaan ban bagian samping. Sama halnya ban habis karena kerusakan suspensi," ucapnya. 

Baca juga: Berencana Ganti Ban Satu Set, Catat Harga Ban Mobil per Agustus 2022

Sementara itu, Kepala Bengkel Toyota Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto mengatakan, selain kerusakan kaki-kaki, ban yang habis sebelah bisa berasal dari setelan spooring yang tidak pas. 

Ban mobil All New Subaru Forester S-EyeSightKompas.com/Donny Ban mobil All New Subaru Forester S-EyeSight

Setelan camber dan toe tidak seimbang dapat menyebabkan permukaan ban habis tak rata atau hanya sebelah. 

"Ban yang aus sebelah saja, ini berarti setelan camber kiri dan kanan tidak sama. Sedangkan, kalau ban bergelombang bisa cek ulang setelan toe in dan out," ujar dia," kata dia lagi. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.