Chery Bakal Rakit 3 Model Ini Secara CKD di Indonesia

Kompas.com - 04/08/2022, 08:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pabrikan otomotif asal China, Cherry akan meluncurkan beberapa produk mobil baru untuk pasar Indonesia hingga akhir tahun ini, dari Tiggo 7 Pro, TIggo 8 Pro, sampai Omoda 5 versi internal combustion engine (ICE).

Menariknya, ketiga produk tersebut bakal langsung dirakit di dalam negeri dengan status Completely Knocked Down (CKD) di fasilitas assembling milik Hyundai terdahulu, yakni PT Handal Indonesia Motor, Bekasi, Jawa Barat.

Executive Vice President Chery International Zhang Shengsan menyebut bahwa, langkah ini merupakan salah satu bentuk komitmen perseroan menjadikan Indonesia sebagai hub produksi-distribusi baru di kawasan ASEAN.

Baca juga: Prinsipal Chery Klaim Siapkan Investasi di Indonesia Rp 14 Triliun

Chery Tiggo 8 ProScreenshoot/CheryInternational Chery Tiggo 8 Pro

"Beberapa waktu kemarin, kami sudah bertemu dengan Menteri Kemenkomarves Luhut Binsar Pandjaitan untuk membicarakan langkah bisnis Chery di Indonesia dan komitmennya," kata dia kepada Kompas.com di The Terrace, Senayan Golf, Jakarta, Rabu (3/8/2022).

"Prihal produk, kita akan memulainya dengan kendaraan konvensional (internal combustion engine/ICE), melalui Tiggo 7 Pro, Tiggo 8 Pro, dan Omoda 5. Secara bertahap, kita akan mulai kenalkan kendaraan listrik di 2023," kata Zhang.

Lebih jauh, Presiden Direktur Chery Motor Indonesia Tao Yong mengungkapkan bahwa peluncuran Tiggo 8 Pro akan dilakukan di pameran otomotif GIIAS 2022, bersamaan dengan pembukaan pre-booking Tiggo 7 Pro.

Sementara untuk Omoda 5 berbahan bakar fosil alias konvensional, rencananya meluncur pada akhir tahun ini atau kuartal pertama (Januari-Maret) 2023.

"Ketiga kendaraan itu akan berstatus CKD dari Thailand, yang mulai produksi di September 2022. Sehingga kita harap dapat kompetitif," ucap dia.

Diketahui, Tiggo 7 Pro merupakan SUV yang memiliki mesin 1.5 turbo dengan CVT dan susunan bangku dua barus. Secara dimensi, mobil mirip-mirip Mazda CX5 atau MG HS.

Sementara Tiggo 8 Pro yang menjadi flagship model Chery, memiliki mesin 1.6 turbo. Mobil bergaya SUV medium ini memiliki tiga baris bangku dengan ukuran lebih besar dari Honda CR-V atau Nissan X-Trail, tapi masih lebih kecil dari Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.