Tepergok, Hatchback yang Terindikasi Suzuki Swift Uji Jalan di Eropa

Kompas.com - 01/08/2022, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Foto yang menampilkan mobil hatchback yang diyakini sebagai generasi terbaru Suzuki Swift tertangkap sedang diuji jalan di Eropa.

Dikutip dari Carscoops, Minggu (31/7/2022), mobil masih diselubungi stiker kamuflase, tetapi kuat dugaan bahwa mobil tersebut merupakan Suzuki Swift generasi terbaru yang dikabarkan akan meluncur di tahun 2023.

Dari bocoran foto yang beredar, kita memang belum bisa melihat tampilan jelas dari mobil baru ini. Kamuflase memang menyembunyikan beberapa detail, tapi dari desain eksterior baik pada bagian depan, samping, ataupun belakang, terlihat berbeda.

Baca juga: Harga Pertamina Dex Makin Mahal, Konsumen Hyundai Palisade Cuek

Bodi generasi terbaru Suzuki Swift ini tampak lebih besar dan lebih panjang, dengan model kap mesin yang lebih melandai. Selain itu, mobil ini diperkirakan juga akan mendapat ubahan tampilan dari sisi interior dan juga fitur.

Kamuflase mobil yang diduga Suzuki Swiftcarscoops.com Kamuflase mobil yang diduga Suzuki Swift

Belum diketahui secara pasti mengenai detail spesifikasi mesinnya, tetapi mobil ini diperkirakan bakal mengusung mesin mild hybrid dan menggunakan platform heartect seperti yang sudah disematkan pada Ertiga terbaru.

Platform tersebut bisa memangkas bobot, menambah kekuatan, serta memperbaiki performa mobil.

Secara keseluruhan, siluet bodi Swift mirip seperti pendahulunya yang meluncur di pasar Filipina, hanya saja ada beberapa perbedaan desain.

Untuk pasar Filipina, pegangan pembuka pintu tersembunyi seperti kepunyaan Honda HR-V dan Nissan Juke. Namun, untuk Suzuki Swift yang masih tertutup kamuflase, handle pintunya kembali ke posisi pada umumnya, seperti yang ada di Indonesia.

Suzuki Swift facelift yang baru meluncur di Jepangautoindustriya.com Suzuki Swift facelift yang baru meluncur di Jepang

Sebagai informasi, Suzuki Swift pertama kali melakukan debut global di Paris Auto Salon 2004. Selang setahun, kiprah Suzuki Swift berlanjut ke Indonesia.

Pada 2005, Swift generasi kedua masuk ke pasar Tanah Air dengan status completely build-up (CBU) alias diimpor secara utuh. Selang dua tahun, tepatnya pada 2007, Suzuki merakit Swift secara lokal di Bekasi, Jawa Barat.

Baca juga: Putaran Mesin Mobil Terdengar Pincang, Coba Periksa Komponen Ini

Generasi ketiga pun meluncur di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012. Sayangnya, pada model ini Suzuki hanya mampu bertahan hingga 2017, sebelum akhirnya menghentikan produksi dan generasi keempat tidak masuk ke Tanah Air.

Kiprahnya pada saat ini langsung digantikan oleh Suzuki Baleno yang juga bermain di kelas yang sama, yaitu hatchback segmen B.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.