Tanda Magnetic Clutch pada AC Mobil Minta Diganti

Kompas.com - 29/07/2022, 16:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem AC pada mobil perlu dirawat secara rutin agar performanya selalu baik. Jika tidak, maka AC akan lebih mudah rusak atau tidak mampu mendinginkan mesin.

Meski begitu, ada beberapa komponen yang tidak memerlukan perawatan, seperti magnetic clutch. Karena komponen ini hanya berupa puli dengan kopling elektromagnetik.

Hal itu membuat magnetic clutch memiliki masa pakai, sehingga sering dijumpai masalah dengan komponen ini. Jika magnetic clutch sudah mulai kurang baik dalam menjalankan tugasnya, gejala paling mudah dirasakan adalah berkurangnya kemampuan AC.

Baca juga: Kenali Tanda Evaporator AC Mobil Minta Diganti

Mekanik bengkel resmi Nissan Setyabudi Semarang sedang melakukan perbaikan komponen AC mobilDicky Aditya Wijaya Mekanik bengkel resmi Nissan Setyabudi Semarang sedang melakukan perbaikan komponen AC mobil

Maka dari itu, komponen ini perlu diganti jika sudah menunjukkan beberapa tanda-tanda mulai melemah. Apa saja itu?

Pemilik Sriyatin Car Spesialis Nissan & Datsun, Agus Setiawan mengatakan magnetic clutch perlu diganti bila sifat elektromagnetiknya sudah lemah, bunyi dan putaran puli oblak.

“AC tidak dingin, tapi begitu switch AC dimatikan lalu dihidupkan kembali AC jadi dingin lagi, nanti lama-lama tidak dingin lagi, ini tandanya sudah lemah magnetnya,” ucap Agus kepada Kompas.com, Kamis (28/7/2022).

Baca juga: Kenali Ciri-ciri Kompresor AC Mobil Minta Ganti

Mekanik bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang sedang melakukan perbaikan AC mobil. Dicky Aditya Wijaya Mekanik bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang sedang melakukan perbaikan AC mobil.

Dia mengatakan selain sudah lemah sifat elektromagnetiknya, komponen tersebut juga mati total ditandai dengan AC yang tidak dingin serta tidak ditemukannya kebocoran pada freon.

“Intiya, arus listrik untuk memerintahkan magnetic clutch aktif sudah sampai, tapi koplingnya tidak mau aktif, sehingga kompresor tidak bekerja dan tidak dingin,” ucap Agus.

Dia juga menjelaskan puli magnetic clutch bisa obal serta menimbulkan bunyi ketika sedang bekerja. Sehingga, banyak pelanggan yang mengeluhkan hal ini dan akhirnya magnetic clutchnya harus diganti.

Baca juga: Ketahui Penyebab AC Mobil Tidak Dingin di Siang Hari

Ilustrasi AC mobilKompas.com/Fathan Radityasani Ilustrasi AC mobil

Jadi, jika muncul tanda-tanda AC tidak dingin setelah lama diaktifkan, serta ada bunyi saat AC hidup, itu bisa menjadi tanda bahwa magnetic clutch pada sistem AC mobil bermasalah dan sudah minta ganti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.