Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baterai ABC Lithium Akan Kerjasama dengan Mobil Anak Bangsa

Kompas.com - 28/07/2022, 20:21 WIB
Serafina Ophelia,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen baterai ABC lithium PT International Chemical Industry dikatakan akan melakukan kerjasama dengan PT Mobil Anak Bangsa (MAB).

Untuk diketahui, PT MAB sendiri merupakan produsen bus listrik dalam negeri. Bus listrik ini nantinya akan turut mendukung perhelatan KTT G20 sebagai kendaraan logistik.

Baca juga: Resmi, Transjakarta Teken MOU dengan PT Mobil Anak Bangsa

Plant Director PT International Chemical Industry Cornellius Hendrawan mengatakan bahwa  kerjasama ini akan dilakukan dalam waktu dekat. Saat ini, pihaknya masih melakukan pendekatan terhadap produsen bus listrik tersebut.

"Kita juga sudah ada pendekatan dengan MAB ya. Dalam waktu yang tidak lama lagi, kita bisa kerjasama," ucap Hendrawan kepada Kompas.com di Jakarta, Kamis (28/7/2022).

Ia mengatakan, jika memang ada potensi kerjasama, pihaknya menyanggupi hal tersebut. Karena, pihaknya menyediakan jenis baterai yang digunakan untuk bus listrik.

Bus listrik PT MAB di JIExpo, Jakarta Utara, Jumat (22/7/2022)KOMPAS.com/Serafina Ophelia Bus listrik PT MAB di JIExpo, Jakarta Utara, Jumat (22/7/2022)

Baca juga: Pesanan Land Cruiser di Jepang Dibatalkan, Bagaimana di Indonesia?

"Saya rasa nanti ya, kerjasama (dengan) PT MAB cocok," ujar dia.

Menurut Hendrawan, baterai yang disediakan pihaknya sendiri telah melalui prosedur grading, salah satunya untuk baterai bus listrik. Sehingga, baterai yang dijual sesuai dengan peruntukannya.


"Misalnya untuk bus. Kita harus untuk power, kan. Pakai kapasitas yang mana. Kalau untuk lampu penerangan, enggak perlu yang berbahan berat," ucap Hendrawan.

"Tergantung segmen penggunaannya, pemakainya. Tujuannya buat apa. Ya kita sesuaikan," lanjut dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com